waktu pembayaran pesanan saham ipo book building atau masa penawaran polling

Ini ada info kapan waktu pembayaran pesanan saham ipo book building atau masa penawaran polling berdasarkan pengalaman.

Disini saya order saham perusahaan yang akan listing di BEI melalui website e-ipo.co.id dengan broker sinarmas sekuritas. Untuk melihat saldo RDN saya memakai aplikasi siminvest atau simas equity di hp dengan sistem android.

Dana di rekening RDN ternyata tidak harus tersedia ketika melakukan order saham ipo di masa book building.

Begitu juga ketika melakukan order di masa penawaran jika waktunya minimal masih 3 hari sebelum polling berakhir, disitu dana belum wajib tersedia.

Sekedar info saya pernah memesan saham ipo dimasa penawaran, disitu dananya belum tersedia di RDN sehingga mendapatkan pemberitahuan bahwa order di tolak.

pembayaran saham ipo

pembayaran saham ipo

Jadi sebagai langkah aman jika order di masa book bulding maupun polling sebaiknya ada dana menganggur di RDN sejumlah biaya pemesanan karena pihak sekuritas perlu melihat saldo untuk menyetujui order meskipun dana belum terpotong.

 

 

Jadi kapan membayar saham ipo? begini waktu, sistem, dan jumlah bayarnya

Bayarnya yaitu ketika hari terakhir masa polling, disitu saldo RDN saya terpotong sesuai jumlah pesanan 100%.

Misal total pesanan 3 juta maka saldo tiba-tiba terpotong sejumlah dana tersebut.

Malam harinya memasuki masa penjatahan ternyata mendapatkan jatah lot sahamnya tidak 100%, hanya beberapa lot dengan total biaya 350 rb saja. Ada juga saham yang mendapat jatah lot 100% dari pesanan.

Saat itu terpotongnya tidak ada pemberitahuan, jadi sempat merasa was-was sekaligus khawatir apakah dana tersebut hilang atau gimana, maklum baru pengalaman pertama membayar saham ipo.

Lalu bagaimana dengan dana yang dipotong 100% sesuai pesanan saat masa penjatahan

Ternyata 2 hari setelah masa penjatahan, sebelum saham ipo tersebut listing secara reguler di BEI ada pengembalian dana sisa pemesanan ke saldo rekening RDN.

Jadi tidak ada dana yang hilang disini, alhamduluillah semua aman, dan sahamnya sudah bisa diperjualbelikan secara umum.

 

Dengan mengetahui kapan waktu membayar saham ipo, bagaimana sistem dan berapa persen jumlahnya maka trader bisa menyesuaikan manajemen saldo di RDN.

Misalnya bisa mempertimbangkan biaya yang harus menganggur selama beberapa hari untuk memesan saham ipo tersebut.

Perlu dipikirkan juga dana mengangur beberapa hari tersebut kalau digunakan untuk modal trading apakah keuntunganya akan lebih besar dari saham ipo atau justru sebaliknya.

 

Oh iya saya juga bagikan pengalaman memesan beberapa saham ipo apakah untung atau rugi, bisa dibaca di artikel yang berjudul pengalaman membeli saham ipo ada yang ARA dan ARB untung atau rugi

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.