Untuk apa puasa? ternyata inilah rahasia jawabanya

Untuk apa puasa? ternyata inilah rahasia jawabanya yang bisa membuat hidup kita bahagia maksimal. Kita semua pasti ingin hidup bahagia, akan tetapi setiap orang punya pandangan tersendiri mengenai cara untuk menggapai kebahagiaan itu.

Masalahnya yaitu apakah pandangan itu sudah tepat atau justru sebenarnya sedang tersesat sehingga waktu seumur hidup tidak cukup untuk menemukan kebahagiaan yang sejati.

Oleh karena itu tidak ada salahnya kita bahas disini, barangkali selembar artikel ini bisa menjadi secercah cahaya untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.

 

Ada yang berpikir akan bahagia jika sudah berhasil menjadi orang kaya, atau setidaknya keinginanya terpenuhi. Lalu ia berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkanya.

Jika tidak berhasil maka perasaan menderita bisa bersemayam didalam dada. Dan jika berhasil, mungkin sesaat memang bisa merasakan bahagia, akan tetapi diatas langit itu masih ada langit. Sudah kaya kepingin lebih kaya lagi, belum lagi selalu muncul keinginan baru yang bisa menjadi alasan untuk menunda kebahagiaan.

Jika siklus itu terjadi berputar-putar begitu saja sampai tak terasa raga telah menua, lalu dimanakah letak bahagia? percayalah bahwa kita baru akan bisa bahagia jika mampu mengambil mutiara terbesar dalam kehidupan ini yang letaknya didalam sebuah ruangan yang tersembunyi rapat melebihi gelapnya dasar samudra.

Ruangan itu bernama iman, pintunya berupa taqwa, kuncinya adalah puasa, dan untuk menuju kesana membutuhkan peta jalan kehidupan bernama islam.

 

Puasa yaitu tidak makan minum serta meninggalkan hal hal yang bisa membatalkan puasa sejak fajar hingga menjelang malam ( waktu masuk azan subuh sampai maghrib). Dengan berpuasa maka kita bisa berlatih mengendalikan keinginan diri serta menempa kesabaran sehingga bisa menjadi orang yang bertaqwa.

Kalau sudah bertaqwa maka kita bisa melangkahkan diri untuk lebih giat berkarya, lebih ringan menghindari dosa, lebih banyak inspirasi serta ide dalam berusaha.

Kalau sudah begitu maka yang namanya rezeki akan datang mengalir dari arah yang tidak disangka-sangka. Kalaupun terpaksa berada dalam kondisi sempit karena ada hal diluar kendali maka kita masih punya obat penenang diri berupa kesabaran.

Karena yang namanya masa sempit atau lapang itu datangnya seringkali silih berganti, rumus bahagianya kalau saat lapang ya syukur, sebaliknya kalau saat sempit ya sabar. Dengan begitu maka hidup kita bisa senantiasa dalam ketenangan.

 

 

Nah untuk bisa bersyukur dan bersabar itu perlu menempa diri dengan memperbanyak berpuasa, meningkatkan ketaqwaan, mempertebal keimanan, dan rajin menjalankan syariat islam dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu maka kita bisa menjadi manusia berkualitas yang bermanfaat sesuai bakat, manusia yang bisa tetap tenang dan bahagia meskipun dalam keadaan sempit ataupun lapang, manusia yang tetap senang meskipun dalam kondisi miskin atau kaya, manusia yang bisa tetap biasa saja meskipun dipuja atau dihina, dan bisa tetap mulia entah itu jadi rakyat atau pejabat.

Selamat berjuang menggapai kebahagiaan hidup yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.