Tiang kayu Tatal Masjid Agung Demak

Ada beragam keistimewaan dari masjid agung demak yaang merupakan bangunan tempat ibadah bersejarah di daerah yang berjuluk kota wali ini. jika kita masuk ke ruangan utama yang dijadikan tempat sholat, maka akan melihat soko guru yaitu ada 4 tiang utama yang terbuat dari balok kayu berbentuk lingkaran, uniknya yaitu diantara empat kolom tersebut bisa kita saksikan sebuah tiang kayu tatal Masjid Agung Demak, yang dimaksud tatal yaitu kayu potongan atau pecahan berukuran kecil, jadi bentuknya tidaklah berupa balok panjang yang biasa dipakai untuk tiang. Namun tatal tersebut bisa dirangkai menjadi balok sehingga kuat dan indah untuk dijadikan tiang utama masjid.

 

Foto 4 tiang sokoguru masjid Agung Demak

4 tiang masjid agung demak

4 tiang masjid agung demak

Pada foto tersebut dapat kita saksikan keempat tiang sko guru masjid agung demak, masjid unik yang letaknya persis disamping alun-alun simpang enam demak. salah satu tiang tersebut terbuat dari kayu tatal yang dirangkai menjadi balok utuh. sokoguru ini sudah pernah dibongkar, sedangkan tiang aslinya disimpan didalam museum masjid agung Demak yang lokasinya masih terletak dalam satu komplek.

Makna dibalik tiang tatal kayu masjid Agung Demak

kayu tatal

kayu tatal

Kayu serpihan kecil yang disatukan dan dirangkai dengan baik dan kuat menjadi besar itu bisa berfungsi sebagai tiang bangunan masjid yang indah. Ini dapat diartikan bahwa semangat persatuan masyarakat, gotong royong, dan bekerjasama akan membuat suatu sistem daerah atau negara menjadi kuat, sehingga lahirlah suasana yang nyaman dan indah. Hal ini hampir sama dengan semboyan negara Indonesia “bhineka tunggal ika” yang artinya “berbeda tapi satu”.

 

Ada banyak pesan dan makna tersirat dibalik sebatang tiang kayu tatal Masjid Agung Demak yang dibangun oleh para ulama zaman dahulu termasuk walisongo pada zaman kerajaan demak, disamping fungsi soko guru itu sebagai kolom agar masjid dapat berdiri kokoh, juga memperindah interior ruangan agar nampak menarik. masih ada keistimewaan lain dari bangunan bersejarah ini yaitu ada arti iman, islam dan ihsan dibalik atap limas 3 susun Masjid Agung Demak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.