Ritel harus sopan kepada market maker yang baik dalam trading saham

Nemu tulisan yang menarik mengenai ritel harus sopan kepada market maker yang baik dalam trading saham agar bisa bergerak bersama meraih keuntungan. Ada baiknya saya tuliskan disini, agar bisa menambah wawasan kita dalam menjelajah dunia trading saham.

ritel harus sopan terhadan market maker saham yang baik

ritel harus sopan terhadan market maker saham yang baik

Kita tidak bisa menyangkal bahwa kekuasaan tertinggi pada market suatu emiten ada ditangan pemilik jumlah lot terbanyak.

Jadi sebagai ritel harus sopan ketika suatu saham mengalami ARB atau ARA.

Contohnya ketika market maker sedang bergerak menaikan harga saham, sebaiknya ritel membeli di haka dan menjual di haki.

Kenapa? karena ketika ritel membeli di haka berarti membantu market maker menaikan harganya, dan ketika ritel menjual di haki maka tidak memberatkan market marker ketika menaikan harganya.

Ingat bahwa ritel adalah penumpang gelap yang digendong oleh market maker untuk mendapatkan profit, sehingga seharusnya ritel berterimakasih kepada market marker yang sudah membantu untuk profit.

 

Melihat tulisan tersebut kemudian ada yang memberikan komentar begini.

Sikap ini harus diketahui oleh ritel, jangan pagi – pagi sudah menjemur ribuan lot di offer ketika market maker sedang berniat menaikan harga.

Ini bisa membuat mood market maker kehilangan selera, tadinya mau menaikan harga lalu berubah halauan menjadi mengguyur.

 

Tapi kesopanan itu juga harus disesuaikan dengan kondisi sahamnya ya, dan bagaimana sikap market makernya juga. Jika market markernya arogan, maunya untung sendiri dengan mengorbankan banyak ritel agar rugi besar maka saat itulah seluruh ritel harus menyatukan kekuatan untuk melawan.

Satu batang lidi kalau disatukan menjadi sapu itu kekuatanya luar biasa, begitu juga dengan sekumpulan ritel itu lot nya kalau disatukan maka jumlahnya bisa sangat besar sehingga bisa menyulitkan pergerakan bandar saham.

 

Pada intinya sebagai ritel harus untung tanpa harus merugikan market maker. Sudah sebaiknya sopan terhadap market maker yang mengajak bersama-sama meraih profit.

Sebaliknya boleh melawan jika ritel mau dijadikan korban kerugian oleh market maker yang maunya untung sendirian. Kalau kondisinya begini maka boleh tidak sopan biar ritelnya tetap profit atau minimal tidak harus mengalami kerugian.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.