Pengalaman membeli saham ipo ada yang ARA dan ARB untung atau rugi

Disini saya bagikan pengalaman membeli saham ipo ada yang ARA dan ARB untung atau rugi. Di bulan september 2021 ada 6 perusahaan yang melakukan ipo secara bersamaan di BEI.

Saya memesan semua saham tersebut dengan jumlah lot berbeda-beda. Ada yang tidak mendapatkan jatah, ada yang dapatnya sedikit hanya 1 lot saja, ada yang dapat 10% dari pesanan, dan ada yang dapat 100% dari order.

saham ipo

saham ipo

Lalu bagaimana nasib dari sluruh saham ipo yang saya pesan tersebut apakah untung atau rugi? beginilah ceritanya.

 

Ada yang untung karena langsung ARA berhari hari

Syukur alhamdulillah ada tiga saham yang saya beli ternyata mengalami ARA 6 hari berturut turut, namun saya sempat bimbang di hari ke 4 takut harga berbalik turun ARB sehingga sulit keluar dan kehilangan profit yang tadinya sudah didepan mata.

Jadi saya memutuskan untuk melakukan take profit di hari di hari ke 4 dengan dana hasil penjualan saham sekitar 600 ribuan, hampir naik 100% syukur alhamdulillah.

Meskipun agak menyesal ternyata keesokan harinya masih ARA 2 kali lagi sehingga kalau lebih sabar maka masih bisa dapat untung lebih besar lagi, tapi tidak apa-apa mungkin belum rezeki. Setelah itu sahamnya turun ARB berjilid-jilid.

 

Ada yang rugi karena karena hari pertama langsung ARB berjilid jilid

Itu tadi cerita enaknya beli saham ipo, kebetulan secara bersamaan saya juga membeli saham ipo lainya yang dapat jatah 100% lalu hari pertama listing langsung rugi karena ARB sampai 3 hari beruntun tidak bisa keluar karena banyak investor yang panic selling.

Ya itulah resiko trading saham, kesalahan saya disini adalah tidak membaca dengan detail bagaimana prospektus perusahaan dan siapa pemilik dibaliknya. Ini bisa dijadikan bahan evaluasi kedepanya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

Dari saham yang mendapat jatah sedikit dan mengalami ARA beberapa hari tersebut mendapat untung. Tapi keuntunganya pas untuk menutup biaya kerugian di saham yang dapat jatah 100% dan lansung ARB beruntun.

Yah.. kosong-kosong akhirnya balik modal saja tidak jadi untung maupun rugi, tapi tetap untung pengalaman dan jadi ada bahan untuk menulis artikel di blog ini, kalau artikel ini banyak dibaca juga saya mendapatkan tambahan penghasilan, he he untung juga jadinya.

 

Ini saya jadikan pelajaran agar bisa untung maksimal dikemudian hari. Pesan juga buat yang mau membeli saham ipo, pastikan teliti terlebih dahulu perusahaanya ya biar ARA berhari hari dan dapat untung maksimal. Lihat bagaimana laporan laba rugi perusahaan, siapa tokoh dibaliknya, fundamental, prospek kedepan, berita terkait, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.