Pengalaman cara mengatasi token listrik gagal

Kali ini saya mau berbagi pengalaman cara mengatasi token listrik gagal, ini bukan karena kode tokenya yang tidak benar tapi memang kwh meter pln nya yang ada masalah. Ceritanya listrik di rumah bunyi tit tit tit sambil menyala warna merah, he he pertanda kwh tinggal sedikit sehingga harus segera diisi ulang.

Tidak mau nantinya berada dalam kegelapan tanpa listrik maka saya segera membeli pulsa lewat shopee sehingga mendapat 20 digit kode rahasia. Saya masukan ke meteran dengan pelan dan teliti tapi ternyata yang muncul dalam layar adalah kata gagal, bukan benar seperti biasanya. Saya coba mengulanginya 3 kali barangkali ada nomor yang salah atau gimana, tapi ternyata gagal juga.

 

Sempat berpikir apakah kode tokenya tidak benar, saya coba membeli pulsa listrik kembali lewat mobile banking bank mandiri, ternyata hasilnya gagal juga.

Dari situ saya menyimpulkan bahwa yang error ada pada kwh meter atau PLN nya. Pikir saya besok harus datang ke kantor cabang PLN terdekat untuk meminta perbaikan. Tapi ternyata besok adalah hari sabtu minggu, haduh mungkin kantornya libur, begitu gumam saya.

Duh padahal kwh tinggal 3 saja, he he. Dalam kondisi ini maka saya melakukan upaya penghematan dengan mematikan sebagian besar lampu dan alat elektronik agar masih ada listrik sampai hari senin ketika sudah dilakukan perbaikan.

 

Sabtu sore saya berpikir apakah ada laporan online. Lalu saya mencoba download aplikasi PLN mobile di hp android, mendaftar, dan ternyata disitu ada tombol pengaduan. Selanjutnya segera saya isi formulirnya jam 19. Lalu jam 23 ada tanggapan dari pihak PLN kirim pesan WA yang berisi 4 deretan angka key change token yang harus di masukan secara berurutan kedalam kwh meter. Saya segera melakukanya, dan alhamdulillah kwh meter pln langsung normal kembali. Selanjutnya input kode token seperti biasa dan berhasil, jreng token sudah masuk ke meteran.

Nah, disini saya jelaskan urutan langkahnya ya, barangkali ada sahabat yang mengalami masalah sama semoga bisa teratasi permasalahanya.

 

cara mengatasi token listrik gagal

aplikasi PLN mobile

aplikasi PLN mobile

  1. download aplikasi di google play store yang bernama PLN mobile
  2. Mendaftar menggunakan nomor hp yang ada whatshapp nya.
  3. Membuat pengaduan.
  4. Mendapat pesan WA berisi 4bh key change yang perlu di input semuanya ke kwh meter secara berurutan dengan benar.
  5. input 4bh key change token ke kwh meter
  6. kwh meter normal, sudah bisa memasukan token listrik seperti biasanya.

 

Oh iya sehari setelah mengalami kejadian ini, ada tetangga yang mengalami masalah sama dan minta tolong untuk di buatkan pengaduan lewat aplikasi PLN mobile, saya lalu membuat laporan dan alhamdulillah masalah bisa teratasi dengan cara yang sama.

Demikian info sederhana ini, semoga bisa bermanfaat untuk para sahabat sekalian.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.