Pemberitahuan Suspend Buy (Penghentian Sementara Transaksi Pembelian Saham)

Saya sempat kaget ketika mau membeli saham tapi ternyata tidak bisa, yang keluar adalah pemberitahuan suspended buy. Maklum jika harus bingung karena ini pengalaman pertama mengalami suspend buy setelah sekitar 4 bulan melakukan trading saham tanpa masalah ini.

Dan ternyata ini hanyalah kejadian biasa dalam trading saham. Ini terjadi karena sebelumnya saya melakukan pembelian saham dengan dana trading limit yang disediakan oleh pihak sekuritas, dan di hari T+2 belum melakukan penjualan atau dana di RDN tidak tersedia sejumlah dana yang sebelumnya digunakan.

Jadi di hari T+3 di lakukan suspended buy pada akun, dan jika T+4 belum tersedia dananya di RDN maka akan dilakukan force sell ( jual paksa ) saham yang ada di portofolio guna membayar dana trading limit tersebut.

Disini di hari T+3 saya melakukan penjualan saham walaupun baru dapat sedikit keuntungan, tidak apa apa dari pada rugi biar sedikit yang penting barokah. Lalu di hari T+4 suspend buy nya sudah dibuka sehingga bisa melakukan aktifitas jual beli saham kembali secara normal.

Email Pemberitahuan Suspend Buy (Penghentian Sementara Transaksi Pembelian Saham)

Saat mengalami suspended buy saya mendapatkan email pemberitahuan dari sinarmas sekuritas tempat saya melakukan trading, isi emailnya seperti ini.

 Pemberitahuan Suspend Buy (Penghentian Sementara Transaksi Pembelian Saham)


Pemberitahuan Suspend Buy (Penghentian Sementara Transaksi Pembelian Saham)

Jakarta, 21 Oktober 2021

Kepada Yth.
Bapak / Ibu AHADI
Surodadi

Perihal: Pemberitahuan Suspend Buy (Penghentian Sementara Transaksi Pembelian Saham)

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan transaksi saham yang Bapak/Ibu lakukan melalui PT Sinarmas Sekuritas, masih terdapat kewajiban yang belum dibayarkan hingga tanggal 19 Oktober 2021 (“Kewajiban”). Rincian kewajiban tersebut telah kami sampaikan melalui e-mail kami kepada Bapak / Ibu perihal penagihan.

Berdasarkan hal tersebut, dengan berat hati kami sampaikan bahwa Rekening Efek Bapak / Ibu di-Suspend Buy atau diberikan status “Penghentian Sementara Transaksi Pembelian Saham” terhitung sejak hari ini, tanggal 21 Oktober 2021.

Mohon Bapak / Ibu melakukan penyetoran dana sebesar Kewajiban secara Good Fund ke RDN Bapak / Ibu paling lambat tanggal 21 Oktober 2021 pukul 04.00 WIB (“Batas Waktu”) agar status Suspend Buy tersebut dapat dicabut.

Apabila hingga Batas Waktu tersebut Bapak / Ibu tidak melakukan penyetoran dana yang dimaksud ke RDN, maka kami terpaksa melakukan Force Sell (jual paksa) atas Efek yang ada di Rekening Efek Bapak / Ibu pada sesi perdagangan I tanggal 22 Oktober 2021 guna pelunasan Kewajiban tersebut, tanpa disertai pemberitahuan/konfirmasi terlebih dahulu, sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia.

Mohon abaikan e-mail ini apabila Bapak/Ibu sudah melakukan penyetoran dana sebesar Kewajiban.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,
PT SINARMAS SEKURITAS

Pemberitahuan ini diproses oleh komputer dan tidak memerlukan tanda tangan.

Apabila ada pertanyaan mengenai data di atas, harap menghubungi Customer Service.

 

Dengan mengtahui masalah suspended buy dan cara mengatasinya dalam trading saham maka bisa menentukan langkah kedepan agar tidak mengalami kejadian serupa sehingga potensi mendapatkan keuntungan bisa menjadi lebih besar

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.