Ngarit suket yaitu memotong rumput dengan sabit

Ngarit suket yaitu memotong rumput dengan sabit untuk hewan ternak atau sekedar membersihkan lahan yang biasa dilakukan di pedesaan, kegiatan ini bisa jadi hal yang asing di perkotaan yang hampir penuh dengan pohon beton. ngarit berasal dari kata arit yang merupakan bahawa jawa dari sabit, yaitu alat yang dipakai untuk memotong rumput. sedangkan imbuhan kata ng menunjukan kata kerja. jadi kata ngarit berarti sedang menggunakan arit/sabit. sedangkan kata suket dalam bahasa indonesia berarti rumput, jadi ngarit suket artinya memotong rumput menggunakan sabit.

 

Gambar orang ngarit

ngarit

ngarit

Pada gambar tersebut bisa dilihat seorang bapak sedang ngarit, sedangkan kedua anaknya sedang bermain dambil menonton dibelakang. ini tidak masalah karena sedang istirahat. sedangkan saat ngarit sangat disarankan agar anak-anak berada diposisi yang jauh untuk menghindari adanya kecelakaan.

Cara ngarit yang baik

Pertama kali perlu dipikirkan dulu apa tujuan ngarit, jika untuk pakan ternak maka perlu memilih rumput yang baik. atau jika sedang dalam kelangkaan rumput saat musim kemarau maka bisa memilih rumput seadanya yang penting hewan ternak masih mau makan. caranya yaitu sabit diasah / diungkal terlebih dahulu agar tajam. setelah itu bisa menuju tempat ngarit, sabit dipegang dengan tangan kanan, lalu diayunkan ke bagian bawah batang rumput sehingga terpotong. bagian yang terpotong bisa dikumpulkan untuk dimanfaatkan.

Cara ternak kambing / domba / sapi tanpa ngarit

Kegiatan ngarit merupakan rutinitas bagi para peternak domba, kambing, atau sapi. namun ada juga yang melakukan rekayasa teknologi pakan sehingga tidak perlu ngarit, atau cukup sesekali saja. hal ini bisa menghemat tenaga, waktu serta biaya dalam melakukan budidaya hewan ternak. cara ternak kabing tanpa ngarit yaitu menggunakan pakan fermentasi. caranya yaitu dengan mengumpulkan jerami padi, rumput, gedebog pisang, daun-dauan atau bahan lainya untuk dicampur dengan cairan khusus pembuat pakan fermentasi. pakan buatan tersebut bisa awet selama beberapa minggu atau bahkan bulanan, jadi sekali menyiapkan pakan maka bisa untuk beberapa hari.

 

Begitulah penjelasan singkat dari ngarit suket yaitu memotong rumput dengan sabit dengan bermacam tujuan, entah itu untuk makan hewan ternak, perapihan tanaman, pemeliharaan kebun dari hama rumput, pembersihan lahan, atau bermacam tujuan lainya. salam ngarit 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.