Motivasi bagi yang meninggalkan dunia trading saham karena mengalami kerugian

Tidak sedikit para trader yang meninggalkan dunia trading saham karena mengalami kerugian. Ada yang meninggalkanya hanya untuk sementara kemudian balik lagi, atau ada juga yang kapok tidak mau mencicipi dunia saham kembali.

Dunia trading saham itu memang kejam bagi yang belum cukup ilmu dan pengalaman namun nekad terjun ke dunia dengan modal besar diluar kemampuan, apalagi kalau tradingnya pakai uang panas alias hutang.

Bencana itu bisa berawal dari mimpi setinggi langit yang sebelumnya berharap mendapat uang besar dalam waktu singkat namun alat untuk menggapainya belum cukup kuat.

 

 meninggalkan dunia trading saham

meninggalkan dunia trading saham

Bagi para pemula disarankan untuk menggunakan uang kecil saja, atau cari yang gratisan dengan akun demo. Nanti kalau sudah mahir barulah bisa menambah modal.

Dan bagi yang sudah terlanjur mengalami kerugian, mengalami trauma dan akhirnya ketemu dengan artikel ini. semoga ini bisa menjadi motivasi untuk jiwa yang sempat melemah agar bisa secepatnya kembali berdiri.

Percayalah bahwa anda tidak sendiri, banyak diluar sana yang bernasib sama. Setiap trader pasti pernah mengalami kerugian, pernah cut lose, bedanya ada yang ruginya besar atau hanya kecil saja. Bagaimana caranya agar tidak rugi besar, itulah jalan yang perlu di pelajari dan diperjuangkan oleh para trader saham.

Jadi tetap bersabarlah, jadikan kegagalan itu sebagai bahan instropeksi agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan mental yang lebih kuat lagi. Lalu lanjutkan perjuangan dengan belajar, bekerja, dan berusaha lebih cerdas dan keras lagi. Jika memang harus meninggalkan trading saham entah itu untuk sejenak atau tidak mau balik lagi. Yakinlah bahwa jalan rezeki bukan hanya dari jual beli saham saja.

 

Jika memang ada rencana untuk kembali melakukan trading saham, pastikan sudah melakukan review dengan mengingat semua catatatan kesalahan yang ada sehingga kedepanya tidak perlu melakukanya kembali. Tambah juga ilmu pengetahuan, baik itu cara membaca grafik candlestik, orderbook, bandarmology, atau metode yang lainya.

Dan yang terpenting yaitu asah kembali psikologi diri agar emosinya lebih terkendali. Senantiasa dekatkan diri kepada Allah Tuhan yang maha kuasa memberi rezeki untuk hamba- hambanya.

Dengan begitu semoga kedepanya bisa meraih kesuksesan dalam trading saham, bisa meriah profit secara konsisten, dan barokah.

 

Setelah mempelajari ilmunya, mengatur psikologi diri, dan mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha kuasa, barulah bisa mempersilahkan diri untuk trading saham kembali apabila memang sudah diputuskan secara matang. Jika belum matang, disarankan untuk bekerja dibidang lain saja yang resikonya lebih kecil.

Jika mau trading kembali, berikut ini ada beberapa tips agar tidak mengalami kerugian dalam trading saham. Dalam trading itu ada 5 hal yang berpeluang untuk dialami yaitu

  1. Dapat untung besar
  2. Dapat untung kecil
  3. Kembali modal
  4. Rugi kecil
  5. Rugi besar

 

Nah, trader akan bisa profit secara konsisten ketika bisa mencegah terjadinya poin ke 5 yaitu rugi besar, dan alat untuk mencegah hal itu adalah “cut lose”. batasi berapa persen kerugian yang mampu ditanggung. Jika memang harga bergerak turun diluar rencana awal, segera cut lose sehingga tidak perlu mengalami kerugian besar. Cukup rugi yang kecil- kecil saja, lalu tertutupi oleh keuntungan yang lain sehingga secara total hasilnya tetap profit.

 

Demikian sedikit motivasi bagi yang meninggalkan dunia trading saham karena mengalami kerugian, baik itu kecil maupun besar diluar kemampuan. Tetap sabar, semangat, memperbanyak istighfar semoga jalan reziki semakin terbuka lebar. Semoga senantiasa sehat dan bahagia sehingga bisa menyongsong masa depan yang lebih mempesona.

Ingatlah bahwa kesusahan yang bisa menyebabkan kita mendekatkan diri kepada Allah maka itulah nikmat, sebaliknya kenikmatan yang justru menyebabkan kita jauh dari Allah maka itulah musibah, dan yang terbaik yaitu mendapat kenikmatan yang bisa mendekatkan diri kepada Allah. Dan salah satu jalan kenikmatan yaitu mendapat profit besar dalam trading saham.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.