Melaksanakan kata Alhamdulillah dalam kehidupan sehari hari

Cuma satu kata yang apabila kita bisa melaksanakanya maka akan menjadi manusia super yang luar biasa. manusia dengan hati kaya raya yang kebahagiaan hidupnya melebihi dunia seisinya. manusia yang senantiasa dalam ketenangan meskipun dalam kondisi apapun entah itu suka maupun duka. Manusia yang hidupnya tidak dalam kekhawatiran dan ketakutan. contohnya tidak takut susah, tidak takut miskin. karena kesusahan itu akan bisa dijalaninya dengan hati tenang penuh kesabaran. ketahuilah bahwa itulah kesuksesan serta kebahagiaan hidup yang sesungguhnya, tidak peduli apakah ia orang kaya atau miskin, rakyat atau pejabat, orang bodoh atau pintar.

 

kata tersebut adalah “Alhamdulillah” = “Segala Puji Bagi Allah”. diucapkan oleh setiap muslim minimal 17 kali sehari saat melaksanakan sholat wajib, dibaca juga saat melaksanakan sholat sunah lainya. ini berarti Allah senantiasa mengingatkan sekaligus mengajari kita sebagai manusia agar melaksanakan kata “Alhamdulillah” dengan sebaik-baiknya. lalu bagaimana cara melaksanakanya? mari kita coba ungkap.

Alhamdulillah

Alhamdulillah

Sebagai manusia kita cenderung mengharapkan pujian, menginginkan kehormatan, dan tidak terima dengan hinaan atau kata-kata yang menyakitkan. padahal dalam kalimat “Alhamdulillah” ada pesan jelas bahwa segala macam bentuk pujian itu sudah diklaim menjadi hak milik Allah. sebagai manusia sudah seyogyanya kita tahu diri agar tidak bersaing dengan pemilik alam semesta dalam hal mengharapkan pujian.

Contoh melaksanakan “Alhamdulillah” dalam kehidupan sendiri

Saat kita mendapat banyak rezeki atau berkedudukan sosial tinggi sehingga dipuji dan dihormati banyak orang maka lesan kita mengucapkan alhamdulillah disertai dengan perbuatan yang tidak sombong karena sadar bahwa segala pujian hanyalah Allah yang berhak memilikinya, jika Allah tidak berkehendak memberikan banyak rezeki kepada kita maka dengan mudah menahan atau menarik segala macam bentuk rezeki itu kembali dalam sekejap saja.

Saat kita dihina atau direndahkan oleh orang lain lalu lesan kita berkata “Alhamdulillah” maksudnya untuk meredam hati agar tersadar bahwa memang hanya allah yang berhak dipuji, jadi hinaan tersebut tidak akan membuat hati menjadi benci atau bahkan disertai tindakan balas dendam yang bisa membuat hidup jauh dari ketenangan.

Saat kita berbuat baik kepada seseorang lalu orang tersebut ternyata tidak membalas perbuatan baik atau minimal memuji kebaikan kita, bahkan membalasnya dengan keburukan. hal itu berpotensi membuat kita menjadi sakit hati, namun rasa sakit hati tersebut tidak akan pernah ada apabila kita melaksanakan “Alhamdulillah”, karena kita sadar bahwa memang Allah yang berhak dipuji.

 

Dan masih banyak lagi contoh pelaksanaan kata “alhamdulillah” dalam kehidupan kita yang lainya. Beribu kata tidak akan sanggup menuliskankanya. marilah kita senantiasa berusaha menjalankanya sehingga bisa meraih kebahagiaan hidup di dunia maupun akherat. selagi rembulan masih bersinar terang, selagi masih ada kesempatan umur hidup di dunia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.