Kelebihan dan kekurangan domain yang mengandung tanda pisah strip minus atau angka

Kali ini kita coba bahas kelebihan dan kekurangan domain yang mengandung tanda pisah strip minus atau angka. Kita lihat perbandinganya dari segi kemudahan dalam mendapatkan, serach engine optimation (SEO), dan kualitas brand atau merk.

Yang dimaksud tanda pisah strip atau minus disini yaitu –

Sedangkan angka yaitu 0123456789

Untuk huruf adalah ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ (huruf besar atau kecil sama saja)

 

 

domain tanda minus atau angka

domain tanda minus atau angka

Kemudahan mendapatkan domain

Secara umum kita akan lebih mudah dalam mendapatkan nama domain yang mengandung angka atau tanda pisah minus jika dibanding huruf saja.

Hal ini disebabkan karena banyak pembuat website yang lebih memilih untuk memakai domain yang mengandung huruf saja entah apa itu alasanya.

Jadi kemungkinan besar nama yang diinginkan statusnya available sehingga bisa dipakai.

Search engine optimation (SEO)

Yang dimaksud SEO yaitu tingkat kemungkinan suatu halaman web menduduki halaman pertama baris kesatu mesin pencari seperti google. Jadi peluang untuk mendapatkan pengunjung akan lebih besar karena ketika seseorang mengetikan kata kunci tertentu maka web kita direferensikan diperingkat teratas.

Lalau apakah domian dengan tanda strip atau angka itu lebih buruk dalam hal SEO? jawabanya tidak sama sekali. Yang lebih berpengaruh dari segi SEO yaitu kualitas konten dari web tersebut.

Logikanya yaitu semakin bermanfaat sebuah website maka semakin banyak juga orang yang ingin membukanya, sedangkan mesin pencari hanya membuat sistem yang memfasilitasi logika tersebut, agar setiap orang yang melakukan pencarian bisa mendapatkan sesuai kebutuhanya.

Kualitas brand atau merk

Nah.. inilah yang lebih banyak menjadi pertimbangan. Misalnya kita meminta teman untuk membuka sebuah website.

Akan lebih mudah memberi tahu nama domain ahadi.id jika dibanding yang mengandung tanda minus aha-di.id atau angka seperti ahad1.id

 

Melihat beberapa pertimbangan tersebut secara pribadi saya lebih memilih memakai nama domain yang hanya mengandung huruf saja, dengan kata lain menghindari penggunaan tanda pisah strip (-) atau angka.

Pertimbangan yang lebih utama yaitu saya melihatnya dari segi brand atau merk, agar namanya lebih mudah diingat, ditulis dan diketik.

Dan kalaupun terpaksa memakai domain dengan tanda minus maka itu sebagai langkah terakhir. Karena nama yang dituju statusnya non available atau tidak tersedia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.