Jangan terlalu baik nanti kamu menyesal

Hidup ini indah kawan, namun keindahan itu bisa rusak suatu saat nanti apabila saat ini kamu kelewat baik. Jangan terlalu baik, nanti kamu menyesal. Bersikaplah di pertengahan saja, tidak buruk dan bukan pula terlalu baik.

Dan bagi yang saat ini sedang menyesali masa lalu karena sudah bersikap terlalu baik, sudahlah anggap semua itu bagian dari proses untuk menjadi lebih dewasa.

 

Kenapa bersikap terlalu baik itu bisa membuat menyesal di kemudian hari?

Kita ambil beberapa contoh saja ya, ini hanyalah sebagian kecil saja.

  1. Jika kamu berstatus sebagai pekerja atau karyawan, maka bekerjalah sewajarnya saja sesuai dengan standar umum. Tapi bukan berarti malas ya, tetap bekerja dengan giat namun tidak melebih batas. Jangan berlebihan dalam berproduktifitas untuk menyenangkan majikan atau perusahaan. Misalnya suatu saat nanti kamu sedang sakit sehingga kinerja mu menurun, maka bersiaplah mendapat nilai buruk dengan capmalas dari biasanya. Dan bisa jadi majikan atau manajemen perusahaan mengambil kebijakan untuk menggantikanmu dengan orang lain. Selanjutnya kamu hanya bisa menangis di tepian maratapi kebaikan berlebihan yang sudah kamu lakukan.

    air muncrat berlebihan

    air muncrat berlebihan

  2. Jika kamu dalam posisi punya harta berlebihan, entah itu uang atau yang lainya. Jangan berlebihan dalam memberi kepada orang lain, siapapun itu. Salurkan sesuai porsinya dengan pas. Suatu saat nanti ketika kamu dalam keadaan terpuruk alias kekurangan, atau tidak sedang ingin memberi. Maka orang -orang yang pernah engkau beri itu bisa berpikir bahwa kamu tidak lagi seperti dulu. Lebih parah lagi kalau orang -orang tadi ternyata wataknya tidak baik, siap – siap saja mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan.
  3. Kalau kamu ingin menyumbang, misalnya untuk tempat ibadah juga jangan berlebihan ya. Jangan seluruh hartamu engkau sumbangkan, maksimal 1/3 nya saja. Yang lain biarlah untuk dirimu sendiri dan keluargamu. Dengan begitu maka kamu, keluarga, dan keturunanmu tidak harus kesusahan dikemudian hari.
  4. Tidur itu juga perbuatan baik karena bisa membuat tubuh kembali segar, namun itu perlu dilakukan secukupnya saja. Kalau terlalu sering tidur maka beragam kegiatan bisa terbengkalai.
  5. Kegiatan ibadah juga baik, namun jangan berlebihan melakukanya. Ada waktunya untuk istirahat, bekerja, balajar, rekreasi, dan sebagainya. Harus pas takaranya biar nikmatnya luar biasa.

 

Yah.. begitulah salah satu rumus kehidupan mengenai perbuatan baik, jangan berlebihan tapi secukupnya saja. Minum air putih saja kalau berlebihan itu bisa membut perut menjadi kembung. Oh iya jangan lupa senantiasa berbahagia dalam keadaan apapun juga, salam sehat, dan semoga bisa menjalani hidup hidup dengan nikmat.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.