Cara menghitung kebutuhan m3 batu kali pondasi rumah

Satu lagi tutorial bangunan yang kita jelaskan disini yaitu tentang cara menghitung kebutuhan m3 batu kali pondasi rumah. Kita tahu batu kali merupakan material yang banyak dipakai untuk rumah tinggal, alasanya tentu beragam. Bisa karena mudah didapat, harganya terjangkau, mudah dalam pembuatan, kuat, serta awet.

Untuk menghitung volume pondasi perlu ada gambar denah dan potonganya. Dari situ bisa kita lihat berapa panjang total pondasinya dan bagaimana bentuknya. O.k langsung saja kita mulai penjelasanya.

 

Gambar denah pondasi

denah pondasi batu kali rumah 1 lantai

denah pondasi batu kali rumah 1 lantai

Dengan melihat gambar denah pondasi tersebut dapat kita hitung total panjang pondasi batu kalinya yaitu 1,5m + 3,5m + 5m + 2,5m + 5m + 2,5m + 5m + 12m + 1,5m + 6m + 1,5m + 12m = 58m.

Gambar detail potongan pondasi

detail potongan pondasi

detail potongan pondasi

Dengan melihat gambar detail potongan tersebut bisa kita bayangkan bahwa pondasi batu kalinya berbentuk trapesium dengan lebar bawah 60cm, lebar atas 30cm, dan tinggi 40cm. Gambar tersebut menggunakan satuan mm, jadi perlu dikonversi ke satuan cm atau m untuk memudahkan perhitungan.

Luas penampang pondasi = ((0,6m+0,3m)/2) x 0,4m = 0,18m2.

Menghitung volume pondasi

setelah total panjang pondasinya diketahui 58m, dan luas penampang pondasinya juga sudah diketahui sebesar 0,18m2. Maka sudah bisa kita hitung volume m3 pondasi batu kali.

volume pondasi = 58m x 0,18m2 = 10,44 m3.

Menghitung kebutuhan pondasi batu kali

Kebutuhan material batu kalinya bisa dihitung dengan rumus 1,2 dikalikan volume pondasi. Kenapa ada tambahan 0,2? karena itu sebagai faktor keamanan sekaligus selisih tingkat kepadatan material saat proses angkut maupun pemasangan.

Jadi kebutuhan batu kali = 1,2 x 10,44 m3 = 12,528 m3.

Menghitung jumlah truck batu kali

Tadi kita sudah dapatkan info bahwa kebutuhan batu kalinya sebesar 12,528 m3. pertanyaan selanjutnya yaitu harus membeli berapa truck? untuk menghitungnya kita perlu tahu kapasitas isi 1 truck yang dibuat untuk mengangkut itu berapa m3. Misalnya isinya 7m3. maka kebutuhanya yaitu

  • 12, 528m3 : 7 m3 = 1,7897  dibulatkan menjadi 2 truck.

 

Begitulah penjelasan mengenai cara menghitung kebutuhan batu kali pada pondasi rumah 1 lantai semoga bermanfaat. Oh iya selain itu kita juga bisa menghitung kebutuhan material lainya seperti semen, pasir, air, serta tenaga kerja yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.