Cara Menghitung Biaya Iuran BPJS Kesehatan Satu Keluarga Berapa

Kali ini kita jelaskan mengenai cara menghitung biaya Iuran BPJS kesehatan satu keluarga berapa dengan disertai contoh perhitunganya. secara umum tarif bpjs sekeluarga dipengaruhi oleh kelas berapa yang dipilih apakah 1 2 atau 3, karena masing-masing kelas mempunyai besaran tarif bulanan yang berbeda, faktor berikutnya yang berpengaruh yaitu jumlah anggota keluarga. dengan mengetahui berapa total iuran perbulan, maka kita bisa mengatur keuangan rumah tangga sehinga bisa menyiapkan dana agar selalu lancar serta  tepat waktu dalam membayar setiap bulanya.

 

Rumus Menghitung Tarif BPJS Kesehatan Sekeluarga

Iuran Bulanan BPJS sekeluarga = Jumlah Anggota keluarga x tarif bpjs kelas yang dipilih.

BPJS Kesehatan satu keluarga

BPJS Kesehatan satu keluarga

Dalam satu keluarga pilihan kelasnya harus sama, maksudnya yaitu jika kepala keluarga memilih kelas 1 maka istri beserta seluruh anaknya yang masih tertera dalam satu kartu keluarga juga harus mengambil kelas 1.

Sekedar info bahwa tarif BPJS kesehatan sejak tahun 2016 sampai 2018 ada 3 kelompok kelas yang bisa dipilih yaitu

  • kelas 1 = Rp.80,000,-
  • kelas 2 = Rp.51.000,-
  • kelas 3 = Rp.25.500,-

Contoh menghitung biaya iuran BPJS kesehatan satu keluarga

Misalnya kita mendaftar sebagai peserta mandiri BPJS kesehatan dengan biaya yang dibayarkan sendiri setiap bulan, jumlah anggota keluarga ada empat orang yang didalamnya ada istri dan dua orang anak, pertanyaanya yaitu berapakah iuran yang harus dibayar setiap bulan seandainya mendaftar BPJS kelas 1 2 atau 3.

Jika mendaftar BPJS kelas 1

4 orang x Rp.80.000,- = Rp.320.000,- (tiga ratus dua puluh ribu rupiah)

Jika mendaftar BPJS kelas 2

4 orang x Rp.51.000,- = Rp.204.000,- (dua ratus empat ribu rupiah)

Jika mendaftar BPJS kelas 3

4 orang x Rp.25.500,- = Rp.102.000,- (seratus dua ribu rupiah)

 

Hasil perhitungan tersebut bisa dijadikan bahan perbandingan dalam mempertimbangkan serta memutuskan kelas berapa yang mau dipilih dengan menyesuaikan kemampuan serta kemauan ekonomi keluarga masing-masing. pilihan kelas tersebut suatu saat bisa diajukan perubahan, misalnya sebelumnya mendaftar kelas 3 karena ekonomi sedang membaik maka pindah ke kelas 2, atau sebelumnya kelas 1 karena ekonomi sedang lesu maka beralih ke kelas 3. itu tidak jadi masalah yang penting tetap rutin membayar iuran BPJS kesehatan setiap bulanya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.