Bunga trading limit per hari pada investasi saham

Penasaran ingin tahu berapa bunga trading limit per hari pada investasi saham. Jika sudah tahu berapa bunganya maka bisa menentukan minimal pada prosentase berapa melakukan take profit agar tidak rugi.

Oh iya disini saya memakai sinarmas sekuritas dengan aplikasi siminvest sebagai alat trading.

trading limit

trading limit

Trading limit adalah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh broker sehingga investor bisa membeli saham lebih besar dari saldo RDN, jatah dananya +/- 3 x saldo. Misalnya di rekening ada dana cash 1 juta, maka dengan dana trading limit bisa membeli saham sebanyak 4 juta an.

 

Namun tambahan dana 3 juta tersebut bukan gratis ya, ada biaya bunganya dan harus dikembalikan tepat waktu, apabila 4 hari sejak pemakaian belum membayar maka akan dilakukan force sell yaitu jual paksa saham di pasar reguler. Disini ada istilah T+1, T+2, T+3, dan T+4 untuk menghitung waktu pembayaran.

T+1 T+2 T+3 T+4

T+1 T+2 T+3 T+4

Setiap sekuritas menerapkan bunga trading limit yang berbeda – beda, jumlahnya rata – rata 0,2% – 0,25% per hari. Misal bunga trading limit 0,25%/hari maka kalau empat hari total bunganya 0,25% x 4 = 1%.

Contohnya membeli saham PTPP sebebar 10 juta pakai dana trading limit maka bunga per harinya 0,25% x Rp.10.000.000,- = Rp.25.000,- / hari. Jika pakai dananya empat hari maka total bunganya 25rb x 4 = Rp.100.000,-

Nah.. agar tidak rugi, maka saat take profit harus sudah dapat harga lebih dari prosentase bunga tersebut ditambah biaya jual dan beli saham.

 

Hati – hati !! Menggunakan trading limit dalam jual beli saham memang bisa meraih keuntungan lebih besar jika prediksinya tepat, namun resiko kerugianya juga makin tinggi apabila ternyata harga sahamnya justru menurun tajam.

Memakai dana pinjaman dalam berinvestasi saham bisa menyebabkan terganggunya psikologi trading, misalnya bertambahnya rasa takut sehingga resiko rugi menjadi lebih besar.

Jika harganya naik, maka nilai keuntunganya hanya perlu dikurangi oleh bunga trading limit. Namun jika harga sahamnya ternyata turun maka hasil penjualan ruginya masih harus dipotong oleh bunga trading limit.

 

Saya sarankan apabila belum begitu mahir dalam trading saham sebaiknya tidak memakai dana trading limit, pakai saldo cash saja agar terhindar dari resiko rugi besar. Dan pakai dananya mulai dari jumlah kecil saja, pastikan itu adalah uang dingin atau tidak berasal dari pinjaman. Lalu sambil belajar, kalau sudah mahir baru mulai berpikir untuk tambah modal.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.