Biaya mendaftar BPJS kesehatan dengan iuran mandiri

Kesehatan merupakan rezeki yang tidak ternilai harganya, sebisa mungkin kita rawat tubuh sebaik mungkin agar tidak sakit. Namun apalah daya, jika pada saatnya harus mendapat giliran untuk berpenyakit yang terpaksa harus dirawat dirumah sakit dengan biaya yang tidak sedikit. Jika saat itu tersedia dana maka tidak jadi masalah, cerita akan berubah horor jika dana tidak tersedia. Kabar baiknya yaitu pemerintah indonesia memberikan kartu indonesia sehat bagi yang kurang mampu, sedangkan bagi masyarakat yang mampu bisa mendaftar bpjs kesehatan kelas 1, 2, maupun 3. Biaya mendaftar bpjs kesehatan dengan dana mandiri itu gratis, kita hanya perlu membayar iuran bulanan agar kartunya berstatus aktif sehingga bisa digunakan untuk biaya pengobatan. Oh ya, kartu bpjs baru aktif 14 hari sejak pendaftaran dan baru bisa membayar iuran pertama 7 hari sejak tanggal mendaftar.

 

Secara umum ada 2 jenis kepesertaan BPJS kesehatan yaitu yang membayar secara mandiri dan bantuan pemerintah yang disebut sebagai PBI (penerima bantuan iuran) khusus bagi warga yang tidak mampu. untuk yang versi mandiri ada kewajiban untuk membayar iuran bulanan dengan besaran tarif sesuai kelas yang diambil yaitu pada tahun 2018 sebesar kelas III Rp.25.500,- kelas II Rp.51.000,- sedangkan kelas I Rp.80.000,- . untuk BPJS PBI tidak perlu membayar iuran bulanan karena sudah dibayarkan oleh pemerintah.

 

Dalam memilih jenis kepesertaan BPJS apakah mau yang mandiri atau PBI hendaknya melihat kondisi ekonomi kita apakah tergolong sebagai warga tidak mampu yang kriteria diatur oleh pemerintah, atau merupakan warga mampu yang tidak berhak untuk menerima bantuan. jangan sampai warga yang sebenarnya kaya justru minta surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan serta kecamatan agar mendapat kepesertaan BPJS PBI, ini tidaklah benar karena sebagai orang kaya telah memiskinkan diri serta mengambil hal orang lain yang benar-benar membutuhkan. daftar saja BPJS versi mandiri, anggap saja pembayaran iuran bulananya sebagai sedekah kepada orang yang membutuhkan, kita tahu yang namanya sedekah itu justru bisa memperlancar rezeki sehingga berpeluang untuk menjadi orang yang lebih kaya lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.