Bentuk dan ukuran pondasi batu kali rumah tinggal 1 lantai

Bentuk dan ukuran pondasi batu kali rumah tinggal 1 lantai bisa dibuat seperti yang akan kita uraian berikut ini. Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi pemilihan bentuk serta dimensi pondasi. Misalnya dipengaruhi oleh tanah lokasi pembangunan, berat bangunan, serta desain bangunan.

Pada prinsipnya yaitu semakin berat bangunan maka pondasinya harus dibuat lebih besar.

Begitu juga dalam hal penyesuaian dengan kondisi tanah, jika tanahnya lunak maka perlu dilakukan penggalian sehingga kedalaman pondasi sampai ke tanah keras.

Disini kita berikan contoh untuk rumah 1 lantai dengan desain standar yang sering dibuat untuk perumahan. Seperti rumah tipe 21, 36, 45.

 

Gambar denah pondasi

denah pondasi

denah pondasi

Gambar detail potongan pondasi batu kali

detail potongan pondasi

detail potongan pondasi

Luas penampang pondasi = ((0,6+0,3)/2) x 0,4 = 0,16m2. Volume pondasi bisa dihitung dengan cara mencari tahu total panjang pondasinya dalam satuan m lalu dikalikan dengan luas penampang yang sudah kita hitung tersebut.

Kebutuhan material batu kali bisa dihitung dengan cara mengalikan volume pondasi dengan angka 1,2. misalnya volumenya 100m3, maka kebutuhan batu kalinya 1,2 x 100m3 = 120m3. jika 1 truck isinya 7m3, maka total kebutuhan dalam satuan truck sebanyak 120m3 : 7m3 = 17,143 truck.

spesifikasi pondasi

  • Galian tanah sedalam 65cm, kedalaman bisa ditambah menyesuaikan dengan posisi tanah keras.
  • pasir urug setebal 5cm berfungsi sebagai lantai kerja sekaligus perbaikan struktur tanah.
  • Pasangan batu kali dengan penampang berbentuk trapesium lebar bawah 60cm, lebar atas 30cm, tinggi 40cm
  • diatas pondasi ada balok sloof ukuran 15cm x 20cm. untuk rumah 1 lantai bisa memakai besi tulangan pokok 4bh diamater 10mm, sedangkan begelnya memakai diamater 8mm dipasang setiap jarak 200cm.
  • setelah pemasangan pondasi batu kali selesai dikerjakan lalu lanjut pekerjaan urugan tanah kembali.
  • diatas sloof ada kolom struktur, dan dinding yang pada gambar diatas berupa pasangan batu bata 1pc:4ps finish plester aci dan cat.

 

Jika diperlukan bisa ditambahkan pondasi cakar ayam tepat dibawah kolom struktur. Untuk rumah 2 lantai atau lebih bisa diperbesar lagi dimensinya, misalnya tinggi pondasi dibuat 80cm.

 

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.