Bayar Iuran BPJS Kesehatan Paling Lambat Tanggal

Setiap peserta berkewajiban untuk bayar iuran BPJS kesehatan paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan agar kartu indonesia sehat yang dipegang dalam status aktif sehingga setiap saat bisa digunakan. apabila terlambat lebih dari 1 bulan sejak tanggal 10 maka akan dikenai sanksi berupa pemberhentian sementara jaminan kesehatan yang seharusnya menjadi hak peserta apabila tertib dalam membayar iuran.

 

Tanggal berapa iuran BPJS paling lambat dibayar setiap bulan?

Batas waktu untuk membayar yaitu tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan. jika lewat dari tanggal 10 tersebut maka masih ada waktu 1 bulan diberikan kepada peserta untuk melunasi tagihan BPJS, jika sudah lewat 1 bulan sejak tanggal 10 belum juga membayar maka kartunya dalam status non aktif sehingga tidak diberikan jaminan pembayaran biaya layanan kesehatan. untuk mengaktifkan kembali bisa dilakukan dengan membayar lunas tagihan.

bayar iuran BPJS kesehatan paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan

bayar iuran BPJS kesehatan paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan

Bagaimana jika sudah tidak bayar lebih dari 1 tahun?

Jika tidak membayar tagihan BPJS lebih dari 1 tahun maka status sebagai peserta BPJS kesehatan tetap aktif, namun tidak mendapatkan jaminan pembayaran dari BPJS sehingga harus membayar secara mandiri atau istilahnya pakai biaya umum ketika berobat ke rumah sakit, puskesmas, maupun klinik lainya. jaminan bisa diberikan kembali apabila peserta sudah melunasi tagihan.

Jika dihitung menurut jumlah bulan yang belum dibayar, maka bisa jadi nominalnya cukup besar. namun tidak perlu khawatir, karena pemerintah indonesia memberikan keringanan berupa kebijakan dengan hanya mewajibkan peserta yang menunggak iuran lebih dari 1 tahun entah itu 2 atau 3 tahun untuk membayar iuran bulanan tertunggak hanya 12 bulan + 1 bulan saja. misalnya jika menunggak 3 tahun, jumlah anggota keluarga ada 4 orang mendaftar BPJS kelas 3 dengan iuran bulanan Rp.25.500,- maka iuran tertunggak yang harus dibayarkan sebesar 4 orang x 13 bulan x Rp.25.500,- =

Bagaimana cara membayar iuran BPJS Kesehatan?

Pembayaran iuran bulanan bisa menggunakan fitur autodebet menggunakan rekening bank yang kita pakai, atau bisa membayar manual lewat ATM, indomaret, pegadaian, kantor pos, atau penyedia jasa pembiayaan lainya.

 

Jadi sekarang kita tambah paham bahwa bayar iuran BPJS kesehatan paling lambat tanggal 10 setiap bulan, pastikan untuk membayar sebelum tanggal sepuluh agar kita beserta keluarga tetap mendapatkan hak peserta berupa penggantian biaya layanan kesehatan.

One Response

  1. riri 13 Agustus 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.