Arti status Not Alloted saat membeli saham ipo masa penjatahan

Disini kita jelaskan mengenai arti status Not Alloted saat membeli saham ipo masa penjatahan.

Membeli saham yang baru terbit ke publik pada masa ipo bisa menjadi pilihan investasi yang bagus, mengingat sebagian besar saham ipo harganya melonjak ARA saat hari pertama kali listing bahkan ada yang beberapa hari.

Namun ada juga yang langsung menurun ARB dihari pertama dan berikutnya.

Hal ini dipengaruhi oleh nilai wajar saham saat ipo, fundamental perusahaan, laba rugi, peruntukan dana ipo dan sebagainya.

Untuk itu investor harus jeli dan pandai membaca prospektus perusahaan sekaligus mengenal lebih jauh mengenai emiten yang dibeli.

 

Meskipun ada potensi keuntungan besar jika ARA berhari-hari setelah listing.

Namun membeli saham pada masa ipo bagi ritel bukanlah sesuatu yang mudah, karena bisa jadi hanya mendapatkan jatah sedikit lot saja, atau bahkan tidak sama sekali.

Pembelian bisa dilakukan saat book building atau masa penawaran, setelah itu akan masuk masa penjatahan sebelum akhirnya listing di bursa efek indonesia dan sudah bisa diperjual belikan secara reguler.

 

Nah.. dalam masa penjatahan, kita bisa melihat status order aktif saham yang dibeli. Disitu terlihat statusnya mendapat berapa lot saham, atau tidak sama sekali.

Jika statusnya Not alloted berarti investor tidak mendapat jatah lot, dengan kata lain pembelian saham ipo di tolak. Tapi status not alloted tersebut masih bisa berubah sebelum saham resmi listing di BEI, mungkin agen penjual berubah pikiran, atau bisa jadi belum selesai pekerjaan pembagian jatah lot sahamnya.

Not Alloted

Not Alloted

Ada juga status alloted will scale back yang artinya mendapat jatah lot namun dengan jumlah berbeda dengan pesanan, biasanya lebih kecil. Misalnya memesan 1000 lot, tapi hanya dapat jatah 1 lot saja he he.. ini bisa saja terjadi.

 

Oh iya dana di RDN akan terpotong untuk membayar jumlah lot saham yang didapat pada masa penjatahan, jika statusnya not alloted maka dana RDN tidak terpotong. Jikalau sebelumya pihak sekuritas memotong sesuai biaya pemesanan, maka sisanya biasanya dikembalikan lagi ke saldo RDN.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.