Website tempat mendapatkan gambar gratis dan halal untuk blog

Saya biasa memanfaatkan website tempat mendapatkan gambar gratis dan halal untuk blog dengan licensi creatif common. Merupakan sebuah pantangan bagi saya mengambil gambar atau foto dari blog orang lain tanpa izin lalu ditaruh di website saya karena itu melanggar hukum agama serta negara.

Saya selalu berusaha agar setiap foto yang saya tampilkan sebagai konten blog merupakan hasil jepretan sendiri atau jika terpaksa maka menggunakan gambar gratis lisenci CC dari beberapa website yang telah berbaik hati dalam menyediakanya.

Gambar lisensi creatif common ini bebas untuk digunakan ulang baik itu untuk tujuan pribadi maupun komersial, kita juga tidak diminta untuk menyertakan sumber.

 

gambar gratis pixabay

gambar gratis pixabay

Daftar website penyedia gambar gratis lisenci creatif common

  1. Google image search, dengan pengaturan dilabeli untuk dimodifikasi dan digunakan ulang
  2. Pixabay.com
  3. Pixhere.com
  4. Wikipedia
  5. Pexels.com
  6. plixs.com
  7. unsplash.com
  8. flickr.com

 

Dari keseluruh situs tersebut ada 3 yang paling sering saya pakai yaitu google image search, pixabay, dan pixhere. Beberapa diantaranya juga ada fasilitas pemberian donator kepada pengirim foto sekedar sebagai uang untuk membeli kopi agar mereka bisa lebih bagus dan banyak dalam menyumbangkan gambar.

Saya berharap para sahabat sekalian tidak mengambil gambar blog orang lain tanpa izin untuk digunakan kembali di blog milik anda. Karena itu bisa dituntut secara hukum negara karena dianggap sebagai tindak pencurian hak cipta. Secara hukum agama juga sudah pasti ada perhitungan dan pertanggungjawabanya karena setiap perbuatan kita tercatat rapi dengan detail.

Jangan pernah beranggapan bahwa mengambil gambar blog orang lain untuk dipakai ulang itu tidak akan ketahuan, karena di zaman teknologi informasi yang serba canggih ini duplikasi penggunaan gambar bisa dengan sangat mudah terdeteksi, misalnya dengan cara menggunakan alat google search by image.

Untuk itu segera beralihlah untuk memakai gambar gratis dari para penyedia foto berlisensi CC, apalagi disitu banyak sekali foto berkualitas tinggi yang bisa dipilih sesuai dengan selera serta tema penulisan. Kita berharap semoga ini bisa menjadi langkah baik dalam mencetak blog berkualitas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.