Ucapan Assalamualaikum itu harganya jauh lebih mahal dari penghasilan seumur hidup

Beliau melangkahkan kakinya pergi dengan ucapan “Assalamualaikum” dan kujawab “waalaikumsalam. sebelumnya ia membeli barang dariku namun uangnya kurang dari harga barang, kubilang tidak apa-apa bawa saja barangnya dengan uang seadanya, lagipula barang itu akan digunakanya untuk kegiatan mengajar mengaji karena beliau berpofesi sebagai guru ngaji anak-anak, jadi aku bisa ikutan mendapat pahala dari amal mengajar yang ia lakukan,begitu pikirku. Sebagai pedagang berarti aku tidak mendapatkan keuntungan berupa uang, namun ada keuntungan yang nilainya jauh lebih besar dari uang yaitu berupa doa yang diucapkannya yaitu “Assalamualaikum” artinya “semoga keselamatan selalu untukmu”.

 

assalamualaikum

assalamualaikum

Ucapan “Assalamualaikum” itu harganya jauh lebih mahal dari penghasilan seumur hidup. Buktinya orang yang terbaring dikamar ICU rumah sakit itu rela mengeluarkan seluruh hartanya agar bisa meraih kesembuhan, ia berharap bisa selamat dari penyakitnya sehingga dapat merasakan sedetik lagi kehidupan. nah.. tadi kita tahu bahwa arti kata assalamuualaikum adalah semoga keselamatan selalu untukmu, jadi dengan didoakan agar selamat maka bisa jadi aku tidak perlu mengalami peristiwa yang harus mengeluarkan banyak harta, bisa jadi terhindar dari kecelakaan yang sebelumnya harus dialami, juga beragam bentuk keselamatan lainya.

Aku tidak tahu siapa orang yang doanya akan dikabulkan oleh Allah. Yang pasti adalah doanya orang baik itu paling berpeluang untuk dikabulkan. masalahnya aku tidak tahu pasti bagaimana hati seseorang yang terbungkus oleh topeng kehidupan, hanya Allah yang mengetahui hati makhluknya dengan teliti sehingga bisa memutuskan dengan adil doa siapa yang akan dikabulkan.

 

Begitulah sepenggal cerita tentang dunia perdagangan yang keuntunganya tidak harus selalu berupa uang, Ada banyak hal yang disepelekan namun sebenarnya nilainya jauh lebih berharga dari uang, misalnya perkembangan mental menjadi lebih baik, juga terjaminya keselamatan dan kebahagiaan hidup yang seringkali tidak bisa dibeli dengan uang. Dan untukmu yang telah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini sampai habis, juga untukmu yang telah membuka hati dan pikiran sehingga dapat meresapi apa yang kutuliskan ini maka kuucapkan “Assalamualaikum”.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.