Tulisan Kalimat Syahadat Tauhid dan Rasul

Disini kita jelaskan tulisan Kalimat syahadat tauhid dan rasul yang merupakan rukun pertama dalam islam. Syahadat Tauhid dalam bahasa arab ditulis أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ dibaca “Asyhadu an La Ilaha Illa Allah” yang artinya dalam bahasa indonesia yaitu “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah”. Sedangkan syahadat rasul dalam bahasa arab ditulis وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ dibaca “wa Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah” yang dalam bahasa indonesia berarti “dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad saw adalah rasul utusan Allah”. berikut tulisan lebih besarnya agar semakin jelas.

 

Tulisan Kaligrafi Syahadat

Kita sering melihat seni tulis kaligrafi bahasa arab terutama syahadat dalam berbagai bentuk. contohnya bisa kita lihat pada gambar berikut ini yang digambarkan seperti orang yang sedang duduk sholat.

Kaligrafi Syahadat

Kaligrafi Syahadat

Tulisan Kalimat Syahadat Tauhid

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

Dalam teks latin dibaca “Asyhadu an La Ilaha Illa Allah

Artinya kalimat syahadat tauhid dalam bahasa indonesia yaitu “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah

Tulisan Kalimat Syahadat Rasul

وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

Dalam teks latin dibaca “wa Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah

Artinya kalimat syahadat rasul dalam bahasa indonesia yaitu “dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad saw adalah rasul utusan Allah

 

Begitulah tulisan 2 kalimat syahadat islam tersebut,  kita tahu bahwa makna dari kalimat syahadat tauhid yaitu aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, sedangkan makna kalimat syahadat rasul yaitu aku bersaksi bahwa muhammad adalah rasul utusan allah. Bagi yang mau masuk islam bisa dilakukan dengan cara mengucapkan kalimat syahadat tauhid dan rasul ini dengan lisan secara sukarela tanpa adanya paksaan, diyakini dalam hati, serta diwujudkan dalam perbuatan. akan lebih baik jika pengucapanya disertai 2 orang saksi yang sudah terlebih dahulu memeluk islam, lalu bisa datang ke di dinas kependudukan dan catatan sipil didaerah setempat. setelah itu bisa mencari guru yang bisa mengajarkan islam secara benar sehingga bisa meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akherat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.