Tubuh ini hanya Pinjaman yang harus dijaga dan digunakan dengan baik

Tubuh ini hanya pinjaman yang harus dijaga dan digunakan dengan baik, yang namanya pinjam berarti kita bukanlah pemiliknya. Kita hanya berhak menggunakanya selama batas waktu yang sudah ditentukan yaitu selama hidup di dunia dari mulai sejak lahir sampai meninggal. dan kelak akan dihitung dengan teliti mengenai pinjaman tubuh itu diperlakukan bagaimana dan digunakan untuk apa saja.

اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّـاۤ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ

sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali (QS. Al-Baqarah Ayat 156)

Jika seseorang meminjami sepeda kepada kita dalam keadaan bersih dan mulus, sepeda itu kita pakai namun saat mengembalikan kondisinya rusak dan kotor. Kira-kira bagaimanakah perasaan orang yang telah meminjami sepeda? Pasti ada perasaan kurang senang bukan? Mungkin dalam hati ia berkata, “Dasar tidak tahu diri, dikasih pinjaman sepeda tapi tidak dirawat dengan baik justru dirusak”.

 

tubuh ini adalah pinjaman dari Allah SWT

tubuh ini adalah pinjaman dari Allah SWT

Begitu pula dengan Allah yang meminjami tubuh cantik atau tampan kapada kita, Ada saatnya nanti harus kita kembalikan, Agar Allah senang maka jaga dan rawatlah tubuh dengan baik, gunakan untuk menebar manfaat kebaikan, gunakan untuk ibadah serta menjalankan amal sholeh sebanyak mungkin.

Ulama kita memberikan nasehat: Sabagai manusia kita sering lupa, bahwa tubuh ini hanya pinjaman. Terkadang kita kurang ikhlas ketika Allah mengambilnya lagi, kadang diambil keseluruhan ataupun sebagian oleh Allah.

Yang dimaksud diambil keseluruhan yaitu ketika kita mengalami kematian sehingga tidak bisa lagi menggunakan tubuh yang dipinjamkan. Yang dimaksud diambil sebagian yaitu ketika ada bagian tubuh yang hilang, tidak berfungsi normal atau terjadi perlemahan fungsi akibat penuaan. Jadi selama masih hidup didunia ini orang yang cerdas akan senantiasa mempersiapkan pertanggung jawaban atas pemakaian tubuh ini kapada Allah dengan sebaik-baiknya, dengan merawat tubuh dan menjaga kebugaranya agar bisa berfungsi maksimal lalu menggunakanya untuk beribadah serta menjalankan beragam amal kebaikan.

Jadi marilah kita rawat tubuh yang dipinjamkan ini dengan baik serta menggunakanya untuk kebaikan. Semoga kelak kita bisa mempertanggungjawabkanya dengan baik dihari perhitungan amal kelak sehingga bisa masuk kedalam golongan orang yang beruntung.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.