Tips Aman Bertransaksi di ATM Mandiri waspada terhadap kejahatan

Saya melihat stiker berisi himbauan yang tertempel pada sebuah dinding kaca rumah mesin ATM Bank mandiri di SPBU jalan lingkar Demak jawa tengah. ini merupakan hal sederhana namun sangat penting untuk diperhatikan demi keamanan kita dalam melakukan transaksi perbankan terutama ketika menggunakan ATM. isinya berupa tips waspada terhadap kejahatan ATM tips aman bertransaksi, berikut ini penampakan beserta informasi yang tertulis didalamnya.

 

tips aman bertransaksi di ATM Mandiri

tips aman bertransaksi di ATM Mandiri

PERHATIAN

Nasabah yth, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kita bersama mohon untuk melepaskan helm / topi / kacamata hitam dan tidak merokok ketika berada di ruang ATM.

WASPADA TERHADAP MODUS KEJAHATAN ATM TIPS AMAN BERTRANSAKSI

  1. Pastikan ATM berfungsi normal (tidak ada benda yang mengganjal di mulut kartu, terdapat kamera tersembunyi).
  2. Jangan mudah percaya kepada orang yang menawarkan bantuan. (jangan menyerahkan kartu debit / kredit anda ke orang lain).
  3. PIN kartu tidak boleh terlihat / terbaca / diketahui siapapun.
  4. Petugas MANDIRI tidak pernah meminta nasabah untuk menyebutkan PIN.
  5. Bila anda mengalami masalah pastikan hanya menghubungi mandiri call 14000
  6. Sebelum meninggalkan mesin ATM pastikan transaksi anda benar-benar selesai (Kartu ATM dan uang anda sudah diambil).

Periksa kembali barang bawaan anda. Hilang / kerusakan bukan tanggungjawab bank mandiri.

MANDIRI

 

Dari pengumuman tersebut bisa kita lihat beberapa langkah antisipasi yang sebaiknya dilakukan ketika menggunakan ATM mandiri, dan saya yakin ini juga berlaku secara keseluruhan untuk ATM bank lainya entah itu BRI, BTN, BNI, BCA atau yang lainya.

Pesan tambahan jangan sekali-kali membantu atau minta bantuan kepada orang yang tidak dikenal dalam hal menggunakan mesin ATM. Jika ada yang meminta bantuan, abaikan saja dan biarkan orang tersebut dibantu oleh petugas yang berwenang entah itu security atau petugas bank terkait. Demikian beberapa tips aman bertransaksi di ruang ATM ini semoga bermanfaat. Saya doakan kepada yang membaca tips ini sampai habis semoga tabunganya di bank terus bertambah sehingga bisa digunakan untuk pergi haji ke mekah sekaligus banyak sedekah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.