Tanda tangan dokumen perjanjian kredit mobil bekas

Salah satu momen dalam rangkaian proses jual beli kendaraan roda empat second sistem kredit yaitu saat dilakukan tanda tangan dokumen perjanjian kredit mobil mobil bekas. disitu terjadi kesepakatan bahwa pihak pembeli setuju bahwa perusahaan leasing akan membayar lunas pembelian mobil kepada dealer mobil, lalu pembeli akan mengangsur sekian tahun dengan jumlah angsuran sekian rupiah setiap bulannya.

 

Membaca dokumen kontrak dengan teliti

Sebelum mendatangani hendaknya membacanya terlebih dahulu, jangan sampai tanda tangan pada dokumen yang belum dibaca sehingga ada hal-hal yang akan memberatkan dikemudian hari.

Menanyakan kepada leasing apabila ada yang belum jelas

Jika ada kalimat atau kata yang belum dimengerti atau tidak jelas pada dokumen kontrak kredit, maka pembeli bisa bertanya agar diberikan penjelasan sehingga semua dapat dimengerti dengan baik dan benar.

Boleh protes apabila ada yang belum setuju

Jika ada isi atau pasal perjanjian yang dirasa kurang cocok, maka calon debitur bisa melakukan protes. namun secara umum pihak leasing sudah punya standar baka mengnai isi dokumen kontrak.

Menandatangani dokumen kontrak apabila sudah setuju

Setelah membacanya dengan teliti, bertanya apabila ada yang kurang jelas serta melakukan protes apabila ada isi perjanjian yang tidak berkenan di hati, sehingga timbulah kesepakatan akhir, maka saatnya melakukan penandatanganan, tanda tangan dan paraf diseluruh lembar dokumen atau pada masing-masing pasal oleh pihak yang mengajukan kredit ditandatangani juga oleh pasangan entah itu suami maupun istri.

tanda tangan kredit mobil bekas

tanda tangan kredit mobil bekas

Mendokumentasikan memen tanda tangan kontrak

Pembeli mobil maupun perwakilan dari pihak leasing bisa mendokumentasikan momen penandatanganan kontrak kredit mobil bekas tersebut, dokumentasi bisa berupa video, foto, atau rekaman suara. hal ini untuk memperkuat kedudukan perjanjian tersebut secara hukum, sekaligus mengabadikan momen tersebut.

 

Setelah melakukan tanda tangan dokumen perjanjian kredit mobil bekas, maka pembeli mobil bekas sudah resmi sebagfai debitur yang berkwajiban untuk membayar angsuran sampai lunas, sekaligus sudah memiliki hak untuk membawa pulang mobil bekas yang dibeli beserta STNK, sedangkan BPKB disimpan oleh pihak leasing sebagai jaminan yang boleh diambil saatt semua hutang sudah lunas.

2 Comments

  1. Anwarul arif 9 Agustus 2018
    • ahadi 11 Agustus 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.