Syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan

Saya coba mengakses website resmi badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan dengan alamat bpjs-kesehatan.go.id, disitu ada menu pendaftaran online yang ketika saya coba masuk ternyata ada keterangan syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Dari situ saya tahu apa saja syarat serta ketentuan yang harus disiapkan dan dipatuhi jika hendak menjadi peserta BPJS. saya rasa ini merupakan peraturan bagus yang dibuat guna kebaikan bersama, beginilah informasinya.

 

Syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan

Syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan

Syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan

Berikut ini informasi yang didapatkan dari halaman website pendaftaran BPJS kesehatan online

  1. Pengguna Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan harus memiliki usia yang cukup secara hukum untuk melaksanakan kewajiban hukum yang mengikat dari setiap kewajiban apapun yang mungkin terjadi akibat penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.
  2. Mengisi dan memberikan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan,
  3. Mendaftarkan diri dan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.
  4. Membayar iuran setiap bulan selambat-lambatnya tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan.
  5. Melaporkan perubahan status data peserta dan anggota keluarga, perubahan yang dimaksud adalah perubahan fasilitas kesehatan, susunan keluarga/jumlah peserta, dan anggota keluarga tambahan.
  6. Menjaga identitas peserta (Kartu BPJS Kesehatan atau e ID) agar tidak rusak, hilang atau dimanfaat oleh orang yang tidak berhak.
  7. Melaporkan kehilangan dan kerusakan identitas peserta yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.
  8. Menyetujui membayar iuran pertama paling cepat 14 (empat belas) hari kalender dan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan.
  9. Menyetujui mengulang proses pendaftaran apabila :
    a) Belum melakukan pembayaran iuran pertama sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kalender sejak virtual account diterima; atau
    b) Melakukan perubahan data setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak virtual account diterima dan belum melakukan pembayaran iuran pertama.
  10. Menyetujui melakukan pencetakan e-id sebagai identitas peserta.
  11. Perubahan susunan keluarga dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.

sumber: http://bpjs-kesehatan.go.id/Bpjs/index.php/pages/detail/2014/15

 

Setelah membaca syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan maka saya menjadi lebih paham sebagian dari hak dan kewajiban sebagai peserta asuransi dari pemerintah indonesia ini. saya tidak melakukan pendaftaran online karena sebelumnya sudah mendaftar lewat customer service kantor cabang BPJS kesehatan di kota sesuai kartu tanda penduduk (KTP), 14 hari kemudian lalu saya membayar iuran bulanan dengan biaya mandiri sehingga sudah bisa mendapatkan kartu BPJS kesehatan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.