Standar Besarnya Uang Sumbangan Mantu Atau Resepsi Pernikahan

Ada tradisi unik pada acara resepsi pernikahan di indonesia, yaitu adanya amplop berisi uang untuk diberikan oleh tamu undangan kepada tuan rumah sebagai bentuk sumbangan. isinya bervariasi tergantung kemauan tamunya karena tidak ada standar besarnya uang sumbangan mantu atau resepsi pernikahan. disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing. ada juga yang menggunakan sistem uang balik, yaitu dulu pernah disumbang berapa lalu berusaha mengembalikan sumbangan tersebut dengan jumlah yang sama ketika gantian di undang. kegiatan saling menyumbang ini merupakan tradisi yang bagus apalagi kalau diniatkan sebagai shodakoh, ini juga bisa menjadi alat atau sarana untuk mempererat tali silaturahmi yang sangat dianjurkan dalam islam, juga sebagai salah satu bentuk pengamalan dari salah satu sila pancasila yang berbunyi “persatuan indonesia”.

 

amplop uang

amplop uang

Sejumlah uang dimasukan kedalam amplop, lalu dilem tertutup rapat. selanjutnya bagian luar amplop dituliskan nama kita sebagai penyumbang, tidak lupa alamat rumah agar tidak tertukar oleh sumbangan orang lain. karena pada kenyataanya banyak orang yang melakukan pencatatan uang sumbangan setelah acara resepsi pernikahan selesai, pencatatan dilakukan pada buku tebal yang didalamnya dituliskan nama penyumbang, alamat penyumbang, serta besarnya uang sumbangan. hal ini karena sebagian besar masyarakat berpola pikir bahwa suatu saat akan melihat kembali buku catatan tersebut apabila gantian diundang, setidaknya menyumbang uang dengan jumlah yang sama, atau kalau bisa lebih besar maka jauh lebih bagus.

 

Mengenai besarnya uang sumbangan itu bervariasi, beda tempat, waktu, dan orang akan beda pula standarnya. ada yang menyumbang Rp.20.000,- atau Rp.50.000,- atau Rp.100.000,- atau nominal lainya sesuai kemampuan dan kemauan kantong. Ada juga yang memilih menyumbang dalam bentuk lain, bukan uang tapi berupa kado pernikahan seperti perabot rumah tangga, pakaian, perhiasan, dan sejenisnya. setelah memberikan amplop lalu tuan rumah memberikan oleh-oleh untuk dibawa pulang tamu undangan, oleh-olehnya berisi berkat yang biasanya berisi nasi, lauk pauk serta beberapa jenis makanan ringan. saya rasa ini merupakan tradisi bagus yang perlu dilestarikan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.