Sholat yang wajib dikerjakan sehari hari

Setiap muslim diharuskan menjalankan sholat yang wajib dikerjakan sehari hari, yaitu sholat 5 waktu Isya Subuh Dzuhur Asar dan Maghrib. Masing-masing ada bacaan niat, batas waktu pelaksanaan, serta jumlah rokaat yang berbeda. yang dimaksud wajib disini yaitu apabila dilakukan mendapat pahala, dan apabila ditinggalkan maka mendapat dosa. Allah mewajibkan sholat 5 waktu karena memang manusia membutuhkanya, karena sholat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar, bisa menempa diri agar menjadi manusia berkualitas yang mampu meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akherat. contoh logikanya yaitu, dengan terbiasa menjalankan sholat tepat waktu maka diri kita bisa tertempa menjadi orang disiplin yang mahir mengatur waktu, kita tahu bahwa disiplin merupakan modal besar dalam menggapai peningkatan karir bagi karyawan, atau kesuksesan usaha bagi para wiraswasta. berikut ini penjelasan mengenai kelima sholat wajib sehari hari.

 

Sholat yang wajib dikerjakan sehari hari

sholat wajib

sholat wajib

Sholat Isya

Dikerjakan dengan batas waktu di awal malam setelah hilangnya sinar merah matahari tenggelam sampai malam. sholat isya didalamnya ada 4 rokaat.

Sholat Subuh

Dilaksanakan pada pagi hari dengan batas waktu mulai dari terbitnya fajar kedua sampai sebelum terbitnya matahari, sholat shubuh dikerjakan sebanyak 2 rokaat.

Sholat Dzuhur

Dikerjakan dengan batas waktu saat matahari telah berpindah dari tengah langit berpindah ke barat yaitu arah tenggelamnya matahari, berakhir saat sudah tiba waktunya sholat asar. sholat dhihir ada 4 rokaat

Sholat Asar

Dilaksanakan pada sore hari dengan batasan waktu saat bayangan sesuatu sama dengan tingginya sampai dengan saat matahari belum menguning sebelum tenggelam. sholat asar ada 4 rokaat

Sholat Maghrib

Dikerjakan dengan batasan waktu mulai saat tenggelamnya matahari sampai tenggelam sempurna. sholat maghrib ada 3 rokaat

Jadwal Sholat 5 waktu

Beriktu ini contoh jam dan menit jadwal dimulainya waktu sholat wajib berdasarkan masing-masing kota atau daerah.


Mengenai ketepatan waktu pelaksanaan masing-masing sholat wajib tersebut bisa melihat jadwal sholat yang diterbitkan oleh kemenag kementrian agama republik indonesia, masing-masing daerah atau kota akan berbeda waktu menit dan detiknya menyesuaikan perhitungan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.