Setiap bintang akan bersinar ada masanya akan menghilang

Setiap bintang akan bersinar ada masanya akan menghilang, begitu juga dengan keadaan setiap manusia tidak akan selamanya susah namun ada saatnya akan merasakan kesenangan.

Tapi ingat bahwa sesungguhnya kondisi senang itu suatu saat juga bisa kembali berubah menjadi kesusahan. Jadi tidak ada alasan untuk meratapi kesulitan karena sebentar lagi akan datang kemudahan.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Begitu juga sebaliknya ketika sedang berada dalam masa senang jangan sampai lupa bahwa kelak kondisi itu bisa berubah menjadi masa susah.

 

Jadi akan lebih baik jika doa – doa kita lebih banyak dalam hal dikuatkan dengan rasa sabar saat susah, serta syukur saat senang. Tentunya tidak lupa diikuti dengan usaha atau kerja keras agar kita bisa berada dalam kondisi senang karena walau bagaimanapun juga manusia yang kuat itu jauh lebih baik daripada yang lemah.

Akan tetapi apa mau di kata apabila undian masa susah itu datang menerjang, kita perlu bersabar agar hati bisa senantiasa berada dalam ketenangan.

 

Bahkan ada sebuah kata bijak yang berkata bahwa “aku tidak peduli akan kondisi susah maupun senangku, karena aku tidak tahu mana yang lebih baik untuku”.

contoh keadaan susah yang justru membawa kebaikan pada kita itu seperti ini.

Ban sepeda motor bocor saat sedang enak-enaknya berkendara dijalan, apalagi sedang diburu waktu agar segera sampai ke tujuan perjalanan. belum lagi ternyata tukang tambal ban lokasinya sangat jauh sehingga terpaksa menuntun sepeda motor dengan keringat bercucuran. tunggu dulu, masih ada lagi beban yang harus ditanggung karena setelah ban berhasil ditambal ternyata bensin habis karena tapi lupa belum mengisi sehingga terpaksa menuntun lagi.

Kondisi seperti itu pasti akan membuat sebagian besar orang merasa susah, jengkel sekaligus perasaan tidak enak lainya. apabila hati tidak bisa diredam maka akan jauh dari rasa tenang.

Namun bagaimana apabila ternyata kesusahan itu justru menyelmatkan kita dari keadaan susah yang lebih besar. bagaimana jika itu bagian dari rencana Allah dalam menyelamatkan kita dari tertimpa musibah kecelakaan didepan sana apabila tadi kita terus berkendara secara normal tanpa adanya gangguan ban bocor.

Misalnya didepan sana sedang terjadi hujan badai yang membuat pepohonan bertumbangan sehingga menimbulkan korban bencana alam, bagaimana jika jalan didepan sana sedang diterjang air banjir bandang yang menyeret ribuan kendaraan. Tapi alhamdulillah kita selamat dari bencana tersebut karena lebih lambat sampai ketempat itu untuk menuntun dan menambal ban sepeda motor yang bocor terlebih dahulu.

 

Jadi hadapilah segala sesuatunya dengan pikiran positif, bersabar, berusaha meraih keadaan yang lebih baik dengan keyakinan bahwa sesudah masa sulit itu akan datang masa senang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.