resep supaya bisa bertahan menjadi wiraswasta

Temanku bertanya kepadaku tentang apa resep supaya bisa tetap bertahan menjadi wiraswasta? kujawab rahasia resepnya yaitu gula 1kg, kopi 1 sachet, asam 2 bh, garam 2 sendok serta bahan yang lainya. mendengar jawaban itu teman ku kemudian tertawa lebar sambil berharap akan mendapatkan jawaban serius dariku.

Dia memang pernah menjadi pengusaha namun itu tidak bertahan lama sehingga kemudian kembali menjadi karyawan sebuah perusahaan. sementara diriku alhamdulillah sudah 5 tahun bertahan wiraswasta setelah sebelumnya mengundurkan dari dari karyawan tetap salah satu perusahaan milik negara BUMN.

 

resep supaya bisa bertahan menjadi wiraswasta

resep supaya bisa bertahan menjadi wiraswasta

Menikmati susah senang usaha

kubilang begitulah dalam dunia usaha itu ada rasa manis, pahit, asin, asam semua harus bisa dinikmati sehingga proses wiraswasta bisa dijalani dengan rasa senang sehingga bisa bertahan dalam kondisi apapun.

Niatkan usaha untuk ibadah kepada Allah SWT

Resep yang lainya yaitu meniatkan usaha untuk ibadah kepada Allah swt. proses menjalani usaha akan lebih ringan apabila diniatkan untuk ibadah, terutama saat usaha sedang sepi, kondisi terpuruk bisa membuat kita patah semangat apabila tujuan usaha hanya untuk mengumpulkan uang. sebaliknya jika kita meniatkanya untuk ibadah maka akan ada saja hal-hal yang bisa menaikan semangat.

Rajin menjalankan ibadah wajib maupun sunah

Dalam aktifitas usaha ada gemblengan agar kita bisa menjadi manusia berkualitas, misalnya dengan berwudhu maka kita bisa terlatih hidup suci, berpikir positif, dan senantiasa memperbaiki diri sehingga bisa menjadi modal kuat dalam berusaha. Dengan puasa maka kita bisa berlatih mengendalikan keinginan, coba lihat disana berapa banyak pegusaha yang menuai kegagalan karena tidak bisa mengontrol keinginan, misalnya ingin hidup mewah dan terlihat sukses tapi pinjam uang bank diluar kemampuan sehingga akhirnya hidupnya berantakan. dan bermacam manfaat lain yang bisa kita rasakan.

Memberi manfaat kepada makhluk lain

Kita senantiasa berusaha memberi manfaat, melayani, serta menyelesaikan masalah makhluk lain entah itu manusia, hewan, tumbuhan atau yang lainya. dengan begitu insya allah penghasilan akan secara otomatis mengikuti. Semakin banyak bermanfaat maka semakin banyak penghasilan yang akan didapat.

Berdoa

Sebagai manusia lemah yang tunduk kepada ketetapan tuhan hendaknya kita mengiringi usaha dengan banyak berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesuksesan serta kelancaran. Dengan berdoa berarti kita juga senantiasa mengingat, menyertakan, serta merasa diawasi Allah dalam setiap kegiatan usaha kita sehingga peluang untuk sukses akan lebih besar karena kita disitu kita punya alasan bekerja dengan sebaik mungkin.

 

Yang pasti masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa menjadi penyemangat serta alasan agar kita bisa tetap bertahan menjadi wiraswasta.

Dengan berwiraswasta maka kita lebih berpeluang menjadi pribadi merdeka yang bebas mengelola waktu, bebas berkumpul bersama keluarga, bebas megatur keuangan, serta yang lainya. bagi yang membaca ini dari awal sampai akhir saya doakan semoga bisa menjadi wirausahawan sukses, jika bisa tadi belum membaca komplit silahkan baca lagi dari awal 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.