Perbedaan BPJS Kesehatan Kelas 1 2 dan 3

Disini kita berikan gambaran umum tentang perbedaan bjps kesehatan kelas 1 2 dan 3, dengan adanya gambaran ini semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih kelas yang mana saat mendaftar sebagai peserta mandiri BPJS kesehatan. pada intinya semua kelas itu baik, namun kita bisa memilih mana yang paling cocok dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti kemampuan membayar iuran bulanan, rumah sakit, serta yang lainya. o.k langsung saja, berikut ini perbedaanya.

 

BPJS Kelas 1 2 3

BPJS Kelas 1 2 3

Tarif iuran perbulan

Masing masing kelas memiliki besaran tarif iuran bulanan yang berbeda, pada tahun 2018 jumlah iuranya yaitu

  • Tarif BPJS Kelas 3 Rp.25.500,00 /bulan
  • Tarif BPJS Kelas 2 Rp.51.000,00 /bulan
  • Tarif BPJS Kelas 1 Rp.80.000,00 /bulan

Ruang rawat inap

Ada perbedaan kelas ruang yang disiapkan untuk setiap kelas peserta BPJS yaitu

  • Kelas 3 berhak di ruang rawat inap kelas3, tapi jika penuh tidak bisa mengajukan naik kelas ke ruang kelas2, 1 atau vip.
  • Kelas 2 berhak di ruang rawat inap kelas 2 yang didalamnya berisi 3 tempat tidur, jika penuh maka bisa mengajukan untuk pindah ke ruang rawat inap kelas 1 dengan menambah biaya sendiri.
  • Kelas 1 berhak di ruang rawat inap kelas 1 yang berisi 2 tempat tidur, jika penuh bisa naik ke ruang VIP yang berisi 1 tempat tidur dengan biaya tambahan ditanggung sendiri.

Kesempatan untuk rawat inap

Beberapa rumah sakit mempunyai jumlah ruang beserta calon pasien yang berbeda, hal ini akan mempengaruhi ketersediaan ruang, meskipun pihak rumah sakit senantiasa melakukan pembangunan sesuai kemampuan untuk memastikan jumlah ruangan yang tersedia dapat memenuhi permintaan namun ada kalanya tetap terjadi kondisi semua ruangan kelas tertentu penuh sehingga pasien harus menunggu ruangan tersedia baru bisa dirawat inap. Contohnya karena sebagian besar peserta BPJS penerima bantuan iuran bulanan (PBI) dikelompokan kedalam kelas 3, maka kita harus antri untuk mendapat kesempatan memperoleh ruang rawat inap kelas III apabila mendaftar sebagai BPJS peserta mandiri kelas 3.

Jumlah Penggantian biaya layanan kesehatan

Pemerintah indonesia mempunyai standar jatah jumlah biaya yang dikeluarkan kepada rumah sakit untuk menangani setiap jenis penyakit, standar tersebut dibedakan jumlahnya untuk masing-masing peserta BPJS kelas 1, 2 dan 3. selanjutnya pihak rumah sakit akan menyesuaikan jatah dana tersebut dengan layanan kesehatan yang diberikan kepada pasien.

 

Dengan melihat perbedaan BPJS kesehatan kelas 1 2 dan 3 tersebut maka kita bisa memutuskan untuk memilih yang mana ketika mendaftar sebagai peserta mandiri yang iuran bulananya dibayarkan sendiri. Tentunya dengan mempertimbangkan ekonomi keluarga sehingga bisa membayar iuran bpjs setiap bulan sesuai tarif yang ditetapkan dengan lancar sehingga kartu selalu dalam kondisi aktif agar bisa digunakan setiap saat untuk mengakses layanan kesehatan keluarga.

2 Comments

  1. fera 20 Oktober 2018
    • ahadi 21 Oktober 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.