Penyebab dan Cara Mengatasi 508 Resource Limit Is Reached

Saya sempat kaget ketika membuka blog ahadi.id ternyata mengalami masalah dimana halaman tidak bisa diakses secara normal namun yang keluar hanyalah pesan 508 Resource Limit Is Reached. Saya penasaran ada apakah gerangan ini dan bagaimana caranya agar masalah ini bisa teratasi sehingga website bisa kembali diakses secara normal.

508 Resource Limit Is Reached
The website is temporarily unable to service your request as it exceeded resource limit. Please try again later.
Apache Server at www.ahadi.id Port 80

508 Resource Limit Is Reached

508 Resource Limit Is Reached

Saya membuka google translate untuk menerjemahkan bahasa inggris tersebut, mengingat kemampuan bahasa inggris saya tidak terlalu bagus.

508 Batas Sumber Daya Tercapai
Situs web untuk sementara tidak dapat melayani permintaan Anda karena melebihi batas sumber daya. Silakan coba lagi nanti.
Apache Server di www.ahadi.id Port 80

Penyebab 508 Resource Limit Is Reached

Melihat pesan tersebut maka saya menjadi tahu bahwa ada masalah dalam pemakaian batas resource CPU, Saya cek di cpanel ada beban CPU Usage tinggi mencapai 100% warna merah. Beberapa hal yang bisa menyebabkan situasi ini antara lain.

  1. Banyaknya jumlah pengunjung blog sehingga melebihi batas kemampuan server,
  2. Blog menggunakan CMS atau plugin yang memakan resource besar.
  3. Sedang ada gangguan pada hosting sehingga permintaan akses blog tidak bisa terlayani secara normal sebagaimana biasanya.

Cara Mengatasi 508 Resource Limit Is Reached

  1. Jika yang terjadi merupakan poin satu yaitu jumlah pengunjung blog melebihi batas CPU usage yang telah ditentukan oleh server, maka cara mengatasinya bisa dilakukan dengan cara upgrade paket hosting atau pindah server dengan spesifikasi batas CPU Usage yang lebih tinggi.
  2. Kemudian jika masalah terjadi karena poin 2 yaitu akibat penggunaan cms atau plugin yang memberatkan server maka kita perlu memperbaiki atau bahkan uninstall alias membuang plugin tersebut dari hosting.
  3. Dan apabila masalahnya disebabkan oleh gangguan server dari pihak hosting, maka perlu menghubungi perusahaan dimana tempat kita menyewa server agar segera dilakukan penanganan, Sebenarnya ada langkah lain yang bisa ditempuh agar blog bisa segera kembali normal yaitu dengan cara pindah hosting, namun ini cukup merepotkan, karena memerlukan biaya sewa ditempat baru, serta perlu pertimbangan apakah masih percaya pada perusahaan hosting lama bahwa mereka akan segera melakukan penanganan terbaik.

 

Pada situasi ini saya melihat kemungkinan masalah terjadi karena ada gangguan atau kerusakan pada server karena biasanya blog dapat berfungsi normal dengan jumlah pengunjung, cms, serta plugin yang sudah saya install sebagaimana biasanya. oleh karena itu saya berinisiatif untuk meminta tolong kepada customer service perusahaan dimana saya menyewa hosting.

  • Ahadi: Selamat siang
  • Hosting: Halo selamat siang, apakah yg bisa kami bantu ?
  • Ahadi: minta tolong bantuanya, hosting saya ahadi.id dari kemarin sering tidak bisa, yang keluar 508 resource limit is reached, biasanya normal.
  • Hosting: Baik Pak,mohon ditunggu akan kami teruskan keteam terkait untuk penanganan ini. Terima kasih
  • Ahadi: baik pak, trimakasih ditunggu penangananya.
  • Hosting: Baik, mohon ditunggu Pak.

Sampai disini saya hanya bisa menunggu kabar hasil penanganan dari technical support perusahaan dimana saya menyewa hosting. Sambil sesekali saya kembali mencoba mengakses blog apakah sudah kembali normal.

Setelah menunggu kurang lebih 1 jam, saya coba akses blog bisa terbuka normal. kemudian saya ingin memastikan bahwa masalah sudah diatasi 100% oleh perusahaan hosting.

  • Ahadi: itu masalahnya kenapa ya pak? mohon kabari kalau sudah ditangani dan sudah bisa kembali normal ya pak.
  • Hosting: -menunggu jawaban-
  • Ahadi: Baik pak, trimakasih banyak atas bantuanya.

 

Saya cek website saat membuat artikel ini ternyata sudah kembali bisa diakses normal tapi masalah belum teratasi 100% karena sesekali masih muncul halaman 508. Lega rasanya ketika sudah berhasil mengatasi masalah 508 Resource Limit Is Reached. Saya berharap agar masalah ini tidak terjadi lagi dikemudian hari. Dan bagi para sahabat yang kebetulan mengalami masalah ini semoga bisa segera teratasi dengan mudah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.