Pengertian ODP PDP suspect dan positif corona covid-19 adalah

Di akhir tahun 2019 sampai 2020 kita dihebohkan dengan munculnya pandemi virus jenis baru yang diduga berasal dari kota wuhan china. Virus tersebut menginfeksi manusia dengan gejala demam, batuk, naiknya suhu panas tubuh. Kita tidak perlu khawatir dan takut dengan covid-19 karena sebagian besar orang yang terkena corona berhasil sembuh. Yang perlu kita lakukan adalah berusaha menjaga pola hidup sehat, menghindari kontak   Pengertian ODP PDP suspect dan positif corona covid-19 adalah

 

ODP PDP suspect positif corona adalah

ODP PDP suspect positif corona adalah

ODP corona

Orang dengan riwayat bepergian ke negara lain yang terinfeksi virus corona masuk kedalam daftar ODP, daftar lain yang masuk kedalam ODP yaitu orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif corona.

Adapun kata ODP adalah kependekan dari orang dalam pemantauan.

PDP corona

Orang yang sudah dalam status sebagai pasien yang dirawat oleh tenaga kesehatan karena menunjukan tanda-tanda terkena virus corona seperti sesak nafas, batuk, demam, pilek.

PDP adalah singkatan dari pasien dalam pengawasan.

suspect corona

Orang yang masuk dalam daftar suspect corona dilakukan pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR) dan Genome sequencing untuk mengetahui apakah statusnya positif atau negatif corona.

Suspect korona adalah orang yang dicurigai kuat terkena virus corona karena menunjukan gejala terinfeksi serta punya riwayat bepergian ke negara yang terjangkit covid-19 atau pernah kontak langsung dengan pasien positif corona.

positif corona

Adapun yang dimaksud dengan orang positif corona yaitu yang sudah dinyatakan benar terkena virus corona berdasarkan hasil tes laboratorium rumah sakit dari kementrian kesehatan. Pasien posotif corona kemudian dilakukan perawatan serta isolasi di rumah maupun rumah sakit agar bisa segera sembuh dan tidak menularkan virus kepada orang lain.

 

Demikian pengertian dari ODP, PDP, suspect dan positif corona semoga para sahabat sekalian beserta keluarga tidak termasuk kedalam golongan empat tersebut alias bebas dari virus covid-19. Dan kalaupun ada yang terinfeksi semoga bisa cepat meraih kesembuhan.

Selain keempat istilah tersebut kita juga mengenal istilah KLB dan lockdown untuk menyebut kebijakan negara dalam mengahadapi virus corona ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.