Pengelompokan kloter jamaah haji

Untuk memudahkan pembimbingan, pengaturan serta demi kelancaran pelaksanaan ibadah haji maka dilakukan pengelompokan. Pembagian kelompok jamaah ibadah haji dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan seperti keluarga, domisili, kapasitas pesawat, serta yang lainya.

Setiap kelompok disertai pembimbing yang ditugaskan oleh kantor kementrian agama kabupaten atau kota setempat. tugasnya yaitu mengarahkan jamaah agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar sesuai dengan syariat islam sehingga meraih predikat mabrur.

Kriteria pengelompokan kloter jamaah haji

  • Pembuatan kelompok berdasarkan pertimbangan keluarga dan domisili.
    1 rombongan haji terdiri dari 44 orang jamaah, dari 44 orang tersebut dibagi kedalam 4 regu, jadi 1 regu terdiri dari 11 orang.
  • Pembimbing dipilih dan ditugaskan oleh aturan kepala kantor urusan agama (KUA) kota / kabupaten.
  • Jadwal bimbingan juga diatur oleh KUA kabupaten / kota.
  • Pemberangkatan jamaah haji dilakukan dalam 1 kelompok terbang (kloter). Pengaturan kloter berdasarkan kapasitas penumpang pesawat. Jumlah penumpang dalam satu pesawat bervariasi ada yang 390, 360, 325, atau yang lainya sesuai dengan besar kecilnya pesawat terbang.
  • Setiap kloter disertai petugas yang terdiri dari ketua kloter sebagai tim pemandu haji Indonesia (TPHI), tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI), dan tim kesehatan haji Indonesia (TKHI) untuk menjaga serta melayani jamaah dalam bidang kesehatan.

Dengan dibentuknya regu tersebut hendaknya bisa bekerjasama dengan baik dengan kelompoknya, juga jangan lupa bertanya serta meminta bimbingan kepada petugas apabila ada yang kurang jelas.

 

Pengelompokan tersebut berdasarkan informasi dari buku panduan manasik haji dan umroh pada tahun 2018 sesuai dengan kebijakan pemerintah pada saat itu. Untuk tahun sebelum atau berikutnya bisa berbeda menyesuaikan kebijakan pemerintah Indonesia khususnya kantor urusan agama (KUA).

Dengan kriteria pembagian kloter tersebut maka besar kemungkinan bagi yang berangkat haji bersama keluarga akan bisa berkumpul dalam satu regu. Dan yang masih satu domisili juga berpeluang besar untuk bisa berangkat bersama.

Oh ya sebagai tambahan pengetahuan bisa membaca kita-kiat meraih haji mabrur dan tuntunan manasik haji dan umrah agar bisa melaksanakan rukun kelima islam ini dengan sempurna, selamat beribadah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.