Primary Care atau pcare BPJS Kesehatan adalah fasilitas website online bagi puskemas untuk memudahkan dalam melayani setiap pasien yang berkunjung, aplikasi ini bisa dipakai untuk input data kunjungan pasien, melihat data kunjungan pasien, mencari database dan kode diagnosa penyakit, melihat data obat, serta membuat rujukan bagi pasien. Berbagai manfaat lain bisa dicoba langsung dengan mengakses website pcare dari badan penyelenggara jaminan sosial khususnya dibidang kesehatan rakyat indonesia. Syarat untuk bisa masuk harus punya username dan pasword pcare.

 

Cara memakai pcare BPJS Kesehatan

Berikut cara menggunakan Pcare BPJS kesehatan yang merupakan sistem informasi yang online untuk puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

  1. Masuk ke website https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/pcare/index.jsp , atau bisa langsung melalui form yang sudah kami sediakan diatas.
  2. Masukan username
  3. Masukan password
  4. Pencet tombol login
  5. Jika username dan password benar, maka akan muncul halaman admin area.  beberapa menu dapat diakses pada halaman tersebut.

Kegunaan Pcare

Beberapa hal yang bisa dilakukan melalui website resmi pcare diantaranya yaitu

  • Pendaftaran pasien baru yang berobat.
  • Data kunjungan pasien ke FKTP.
  • Database daftar penyakit disertai dengan kodenya.
  • Data dan database obat.
  • Data penunjang diagnosa penyakit.
  • Rujukan.

 

Username dan password hanya diberikan kepada faskes yang sudah mendaftar ke BPJS kesehatan, simpan dengan baik kata kunci tersebut karena merupakan rahasia. Password bisa dirubah atau bisa minta ulang apabila lupa, caranya bisa dengan menghubungi BPJS kesehatan. untuk bisa menggunakan layanan ini syaratnya yaitu harus ada jaringan internet di puskesmas karena sistemnya memakai website. Aplikasi yang diluncurkan sejak tahun 2014 ini dapat digunakan melalui komputer atau hp. Demikian gambaran mengenai pcare BPJS kesehatan, selamat menggunakan dengan sebaik-baiknya. Kami ucapkan selamat bertugas bagi para petugas pcare diseluruh puskesmas indonesia, niatkan bekerja untuk ibadah dalam memberikan layanan yang terbaik kepada setiap pasien, semoga menjadi ladang amal ibadah, semoga lancar dan berkah kerjanya sehingga bisa menjadi sarana untuk meraih kebahagiaan hidup. hal ini sesuai dengan semboyan kerja BPJS kesehatan yang berbunyi gotong royong maka hidup menjadi mudah.