Mengenal obat corona covid-19 Avigan dan Chloroquine yang dipesan Jokowi

Membaca koran kompas.com pada tanggal 23 maret 2020, disitu saya melihat sebuah berita yang menjadi headline. dari judulnya memberikan secercah harapan, melegakan berjuta hati orang-orang yang sebelumnya dihebohkan dengan munculnya pandemi virus baru bernama corona atau covid-19.

Bapak presiden memberitahukan bahwa telah memesan obat virus corona yaitu avigan dari jepang dan kolorokuin yang diproduksi secara lokal sendiri oleh negara indonesia.

Terus terang saya penasaran apa sebenarnya itu obat avigan dan klorokuin, saya yakin tidak sedikit para sahabat yang juga ingin tahu tentang hal ini.

kompas.com jokowi memesan avigan dan chloroquine

Gambar screnshot kompas.com jokowi memesan avigan dan chloroquine diakses pada tanggal 20 maret 2020 jam 21.00 wib

Oleh karena itu saya coba cari tahu informasi tentang kedua obat corona ini dan akhirnya ketemu. ini saya bagikan infonya juga disini semoga bisa mengobati rasa penasaran para sahabat sekalian. ternyata yang klorokuin itu tulisanya yang betul adalah Chloroquine.

Ok Saatnya kita mengenal obat corona covid-19 Avigan dan Chloroquine yang dipesan Jokowi tersebut.

 

Avigan

Dikembangkan oleh fujifilm toyoma chemical dan diproduksi oleh zheijang hisun pharmeutical di jepang mulai tahun 2014. Pada awalnya avigan difungsikan guna mengobati infulenza.

Pada bulan februari 2020 dilakukan eksperimen di china dengan menggunakan avigan sebagai obat corona covid-19, hasilnya zhang xinmin yang berasal dari kementrian ilmu pengetahuan dan teknologi china menginformasikan kepada the guardian bahwa avigan efektif digunakan untuk melawan corona.

Di jepang obat avigan ini diperuntukan untuk pasien corona covid-19 dengan gejala ringan.

Chloroquine phospate / Klorokuin

Berisi senyawa quinine sulfate yang diperoleh dari hasil ekstrak pohon kina, ini digunakan untuk mengobati penyakit malaria.

Wuhan institute of virology yang berasal dari Chinese academy of sciences melakukan penelitian di wuhan, hasilnya diterbitkan di jurnal nature yang memberitahukan bahwa saat diuji coba pada kera maka obat ini bisa menghambat virus baru agar tidak menginveksi dan tumbuh menjadi sel.

 

Namun demikian menurut informasi yang beredar kedua obat tersebut hanyalah langkah awal sebagai obat corona covid-19 karena masih perlu dikembangkan. Untuk itu setiap usaha perlu disertai dengan doa kepada Allah swt semoga dijauhkan dari virus corona ini bagi yang sehat, dan semoga lekas mendapat kesembuhan bagi yang terinfeksi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.