Menyucikan Kembali Jiwa Raga

Untuk apa engkau bersedih kawan? Bukankah lebih baik engkau hapus rasa sedihmu itu dengan setetes embun dari air samudra ketenangan. Gerakanlah dirimu untuk menyucikan kembali jiwa raga agar tenang hatimu serta sehat tubuhmu. Caranya cukup mudah sekaligus murah, temukanlah air suci yang bisa mensucikanmu. Iya betul, mensucikanmu dari kotoran najis yang menempel ditubuhmu, juga kotoran berupa panjangnya angan-angan, pikiran negatif, perasaan buruk, serta beberapa hal yang menempel bagai debu pada jiwamu. Sucikanlah! sehingga jiwa ragamu kembali bersih, semoga bisa kembali suci bagaikan bayi yang baru saja dilahirkan.

wudhu
sekumpulan orang sedang wudhu

Basuh mulutmu dengan air sehingga hilang sisa kotoran makanan yang bersembunyi dibalik gigi indahmu, ulangi lagi pembasuhan mulutmu sehingga ia benar-benar bersih dari kotoran penyesalan jiwa akibat kemungkinan tadi telah berbicara hal-hal negatif yang tidak seharusnya perlu dibicarakan, mungkin saja mulutmu secara tidak sengaja komat kamit yang menyinggung perasaan para insan.

Lalu basuh juga wajah yang merupakan jendela jiwamu, biar bersih pipimu dari jerawat atau komedo yang mungkin saja tumbuh diluar kehendakmu. Disana ada mata yang perlu disucikan karena bisa jadi engkau gunakan untuk memandang hal-hal negatif yang terlarang untuk dipandang, Disana ada hidung yang juga perlu dibersihkan karena mungkin disalahgunakan untuk mencium bau negatif yang seharusnya tidak tercium. Juga ada bagian lain diwajah yang perlu dibasuh sehinggakembali memancarkan cahaya indah.

Basuh kedua tanganmu karena bisa jadi di jarimu itu bersarang jutaan kuman setelah sebelumnya engkau gunakan untuk memegang benda-benda tempat bakteri bersarang. Basuh kedua tanganmu semoga bisa kembali bersih dari dosa-dosa akibat kesalahan penggunaan tangan untuk hal-hal yang bersifat haram.

Kemudian basuh rambut yang menutupi kepalamu, sehingga para kutu rambut itu tidak betah bersemayam didalamnya, agar rambutmu indah berkilauan karena rutin tersiram dengan air penyucian. Disitu ada otak yang sudah seharusnya dibersihkan dari pikiran – pikiran negatif yang kedatanganya seringkali tidak bisa diduga oleh para detektif.

Setelah itu jangan lupa basuh kedua telingamu barangkali ada debu yang menempel disitu, bersihkan juga telingamu dari beberapa kesalahan akibat mendengar hal-hal yang tidak sepatutnya didengar. Dan semoga telingamu bisa kembali bersih, senantiasa sehat dan berfungsi dengan maksimal.

Terakhir basuh kedua kakimu yang bisa jadi disitu ada banyak kotoran menempel akibat beberapa aktifitas sebelumnya, bersihkan juga kedua kakimu karena bisa jadi ada kesalahan karena telah melangkahkanya ke tempat yang tidak tepat, atau kesalahan akibat menggunakanya untuk hal-hal yang sifatnya bejat. Setelah menyucikan jiwa ragamu semoga bisa kembali bersih, suci seperti bayi yang baru saja dilahirkan ke dunia.

Jika itu masih kurang maka lengkapi dengan mandi sehingga terbasuh semua anggota tubuhmu. Jangan lupa setelah itu laksanakanlah sholat atau menjalankan berjuta kebaikan sehingga pesona dirimu semakin memancar bagai cahaya terindah dalam ruang kehidupan, dan semoga jiwamu senantiasa berada dalam ketenangan, bisa berkumpul dengan mereka yang hatinya ridho serta di ridhoi oleh Allah SWT Tuhan yang maha suci.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.