Menguak misteri berpuasa bisa membuat orang menjadi bertaqwa

Kali ini kita coba menguak misteri berpuasa bisa membuat orang menjadi bertaqwa, bagaimanakah hubungan antara puasa dengan taqwa sehingga itu bisa terjadi.

Dalam alquran disebutkan bahwa orang yang beriman itu diwajibkan untuk berpuasa agar bertaqwa

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, Al-Baqarah : 183

 

puasa agar bertaqwa

puasa agar bertaqwa

sebelumnya kita lihat dulu apa arti puasa dan taqwa

Puasa adalah mencegah diri tidak makan minum serta tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak fajar sampai terbenamnya matahri.

Taqwa adalah menjalankan perintah Allah SWT serta menjauhi larangan Allah SWT.

 

Kenapa berpuasa bisa membuat orang beriman menjadi bertaqwa

  • Malam hari menjelang fajar ketika jutaan manusia terlelap dalam tidurnya, orang yang hendak berpuasa mencoba bangun untuk makan sahur meskipun mata mengantuk dan rasa malas menghinggap didada namun tetap berjuang sekuat tenaga. Pada momen makan sahur ini ada latihan melawan rasa malas, mengatur waktu, mengelola jam istirahat, bekerja lebih awal dan sejenisnya yang merupakan bekal kuat agar bisa menjadi orang bertaqwa.
  • Siang hari ketika sedang berpuasa melihat makanan lezat atau tergoda untuk melakukan bermacam kenikmatan yang menggoda, namun diri berjuang untuk mengendalikan keinginan, berjuang menunda kesenangan, serta menjaga diri agar tidak berbuat dosa, sifat-sifat ini juga sangat menunjang ketaqwaan.
  • Saat kita sedang lapar akan lebih peka dalam merasakan penderitaan yang dialami oleh orang atau makhluk lain, hal ini bisa menempa kita menjadi orang baik yang bertaqwa.
  • Meskipun berpuasa kita tetap bekerja seperti biasanya, nah.. ini bisa meningkatkan produktifitas, karena saat berpuasa saja kita bisa tetap bekerja seperti biasanya.
  • Ketika berbuka kita disunahkan untuk membaca doa dulu, disini ada latihan agar senantiasa mengingat allah dalam melakukan aktifitas, latihan mensyukuri nikmat, serta menyalurkan keinginan pada waktu serta tempat yang pas. ini juga bagian dari bekal untuk mempermudah taqwa.

 

Pastinya masih banyak lagi manfaat puasa dalam hal menempa diri kita agar menjadi orang yang bertaqwa.

Banyak hal yang bisa kita peroleh apabila bertawa, misalnya diberikan rezeki oleh Allah dari arah yang tidak disangka-sangka, diberikan perlindungan, dimudahkan dari kesulitan-kesulitan, diberikan hati yang tenang dan tidak khawatir serta yang lainya.

Dan yang lebih menggemberikanya lagi yaitu orang yang rajin puasa itu disediakan pintu khusus disurga yang bernama ar rayan, pintu itu akan ditutup setelah seluruh orang yang berpuasa memasukanya.

Semoga kita tergolong orang yang rajin berpuasa serta diterima amalan puasanya oleh Allah SWT.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.