Mengetahui isi hati itu sering bikin sakit hati oleh karena itu perlu kebesaran hati

Mengetahui isi hati itu sering bikin sakit hati oleh karena itu perlu kebesaran hati agar bisa tetap berlapang hati. mungkin itulah sebabnya kenapa kemampuan membaca isi hati orang lain itu lebih banyak ada pada orang-orang berhati suci yang punya kesabaran tingkat tinggi.

Bisa dibayangkan apa yang terjadi apabila orang yang tingkat pengendalian emosional rendah namun bisa dengan mudah mengetahui isi hati orang lain. Ketika ia melihat ada maksud buruk dihati orang maka ada kecenderungan padanya untuk marah sehingga merugikan orang lain juga dirinya sendiri. itulah kenapa diperlukan alat berupa “sabar” sebagai rem agar diri tetap terkendali dalam jalan ketenangan.

 

Jika saudara tergolong sebagai orang yang bisa membaca isi hati orang lain maka syukuri itu dan gunakan dijalan kebaikan, tingkatkanlah kesabaran dalam dada, dan sebisa mungkin berusaha diam alias pura-pura tidak tahu karena seringkali pengetahuan itu justru akan menjadi petaka apabila diungkapkan kepada orang lain dalam posisi tidak pas. Jangan pernah membeci siapapun yang punya maksud hati tidak baik.

Sabar dan diam itu bisa dilatih dengan cara memperbanyak puasa dan menyibukan diri dengan ibadah serta bekerja untuk mengeluarkan karya bermanfaat.

kopi hati

kopi hati

Sebaliknya jika anda tergolong sebagai orang yang tidak peka terhadap hati orang lain, sebaiknya melakukan instropeksi barangkali terlalu sibuk memikirkan diri anda sendiri dengan beragam keinginan yang terus menuntut untuk diperjuangkan sehingga kurang peduli dengan lingkungan sekitar. Tingkatkan ibadah sehingga diri merasa tenang dan benar-benar menggapai kebahagiaan yang sesungguhnya, yaitu hidup bahagia di dunia maupun akherat.

Bersihkah hati sehingga kembali mudah menangkap sinyal yang dipancarkan oleh hati orang lain.

 

Ketika mengetahui ada maksud hati yang buruk dari orang lain, maka kita bisa melakukan langkah antisipasi tanpa perlu membenci. Maklumi saja barangkali jiwanya belum dewasa sehingga ada gejolak didalam dada. Dan jadikan itu sebang ladang untuk beramal dengan cara menasehati tanpa menggurui. Hati-hati juga barangkali apa yang tersirat dalam hati bukanlah sesuatu yang benar, karena isi hati itu ibarat samudra luas dengan ikan-ikan didalamnya yang sulit untuk dihitung serta ditebak dimanakah sedang berenang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.