Mengapa setiap orang harus mendaftar BPJS kesehatan? Ini jawabanya

Mengapa setiap orang harus mendaftar BPJS kesehatan? Ini jawabanya semoga bisa mencerahkan. Kita tahu bahwa sejak tahun 2014 setiap warga negara indonesia wajib terdaftar sebagai peserta asuransi kesehatan berplat merah ini.

Jaminan kesehatan ini dikelola oleh badan pengelola jaminan sosial. Bagi warga yang tidak mampu disediakan BPJS PBI yang gratis iuran bulanan. Sedangkan bagi warga yang mampu diwajibkan untuk mendaftar BPJS mandiri atau perusahaan dengan pilihan kelas 1, 2 atau 3.

 

Mengapa setiap penduduk perlu memiliki jaminan kesehatan

Mengapa setiap penduduk perlu memiliki jaminan kesehatan

inilah alasan kenapa setiap penduduk wajib mendaftar BPJS kesehatan

Masalah

Ketika seseorang mengalami sakit dan membutuhkan akses layanan kesehatan maka memerlukan dana untuk membayar biaya pengobatan.

Jika biaya tersebut harus dibayar sendiri maka muncul pertanyaan apakah sudah tersedia dana ketika seseorang sedang berada dalam kondisi tersebut.

Ditambah tidak ada kepastian jumlah biaya yang diperlukan untuk membayar biaya pengobatan ketika mengalami sakit tertentu maka ketersediaan dana yang harus disiapkan menjadi sulit diprediksi.

Kondisi tersebut bisa berdampak pada ekonomi keluarga seperti berkurangnya tabungan, aset, atau pendapatan.
Secara sosial juga bisa menimbulkan masalah karena ada kemungkinan seseorang yang dalam kondisi kesulitan dana tersebut kemudian menempuh berbagai cara untuk membiayai pengobatan.

Solusi

Masalah tersebut perlu diberikan solusi dengan adanya jaminan kesehatan dengan iuran yang tidak memberatkan peserta dan siap membayar biaya pengobatan apabila suatu ketika mengalami sakit.

Untuk itu asuransinya perlu dibuat dengan sistem gotong royong dan saling tolong menolong ketika salah satu peserta mengalami sakit.

Oleh pemerintah indonesia kemudian mengemas jaminan kesehatan tersebut kedalam sebuah produk bernama yang BPJS kesehatan.

 

Dari uraian masalah beserta solusi tersebut semoga kita bisa mendapatkan gambaran tentang arti pentingnya menjadi peserta BPJS kesehatan. Bagi yang sudah mendaftar BPJS mandiri semoga ini bisa menjadi penyegar semangat dalam membayar iuran bulanan secara rutin, anggaplah itu sebagai sedekah untuk membantu peserta lain yang sedang sakit.

Begitu juga bagi yang belum mendaftar semoga tergerak hatinya untuk segera mengurusnya sehingga bisa secara resmi memegang kartu anggota BPJS kesehatan entah itu versi PBI, Mandiri, maupun perusahaan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.