Mendaftarkan Anak Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Sempat bingung kemarin mas. anak belum tak ikutkan BPJS Kesehatan, malah dirawat di Rumah sakit. Akhirnya membayar sendiri semua. setelah itu baru tak daftarkan BPJS Kesehatan, ini buat pengalaman saja mas, sekedar info aku dan keluarga dapat dari kepesertaan BPJS gratis dari desa program pemerintah.

Begitulah kata kawanku bercerita ketika mengalami situasi anak sakit tapi harus mengeluarkan biaya sendiri untuk pengobatan anaknya yang seharusnya mendapat bantuan dari pemerintah karena termasuk keluarga yang diberikan fasilitas BPJS PBI (Penerima bantuan iuran). Kalau uang sedang berlimpah tidak masalah, tapi kalau ekonomi sedang sulit maka kondisi itu bisa membuat hidup serasa sempit. Melihat cerita pengalaman ini maka hendaknya kita sudah mendaftarkan anak sebagai peserta BPJS kesehatan, baik itu yang dibayarkan secara mandiri, gratis dari pemerintah, atau ditanggung oleh perusahaan.

 

Cara mendaftarkan anak sebagai peserta BPJS Kesehatan

Pendaftaran peserta BPJS kesehatan tidak bisa hanya seorang saja dalam satu keluarga, misalnya bapaknya saja, ibunya saja, atau anaknya saja. akan tetapi semua nama yang tertulis dalam kartu keluarga wajib didaftarkan sebagai peserta. Berikut gambaran mengenai cara mendaftarnya.

mendaftarkan akan sebagai peserta BPJS Kesehatan

mendaftarkan akan sebagai peserta BPJS Kesehatan

Cara Mendaftarkan anak sebagai peserta BPJS PBI gratis dari pemerintah

sebelumnya bisa meminta surat pengantar dulu dari RT dan kelurahan lalu dibawa ke kecamatan untuk mendapatkan kartu BPJS PBI. langkah-langkahnya bisa dibaca di cara mendaftar BPJS Kesehatan gratis dari pemerintah (PBI)

Cara Mendaftarkan anak sebagai Peserta BPJS Biaya mandiri bagi wiraswasta

Untuk peserta mandiri tinggal datang ke kantor BPJS kesehatan terdekat membawa foto copy KTP dan kartu keluarga, bawa juga yang aslinya sekedar untuk diperlihatkan apabila diperlukan. Bisa menghadap ke bagian pendaftaran dengan cara mengisi formulir, langkah – langkahnya bisa dibaca di cara mendaftar BPJS Mandiri bagi wiraswasta.

Cara menambahkan anak sebagai peserta BPJS Kesehatan

Apabila sebelumnya kita sudah mendaftar namun anak belum, misalnya ada kelahiran anak baru. untuk kondisi ini kita bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan, mengisi formulir penambahan anggota keluarga sebagai peserta BPJS lalu melakukan pandaftaran ke bagian customer service. setelah itu membayar iuran bulan pertama, kartunya baru bisa digunakan 14 hari setelah pendaftaran dengan syarat sudah melakukan pembayaran pertama.

Cara mendaftarkan bayi yang akan lahir sebagai peserta BPJS

Sebelumnya kita memerlukan surat keterangan denyut jantung dari dokter untuk bayi yang akan lahir, pendaftaran bisa ke kantor cabang BPJS kesehatan terdekat dengan membawa surat keterangan dari dokter tersebut beserta persyaratan lain. waktu pendaftaran maksimal 14 hari sebelum bayi dilahirkan.

 

Namanya sakit itu datangnya tidak memandang usia anak – anak maupun tua. yang tua sehat juga banyak, sebaliknya yang muda sakit juga tidak sedikit. oleh karena itu hendaknya kita tidak perlu menunggu usia tua untuk menjadi peserta BPJS kesehatan karena merasa belum memerlukanya. juga tidak perlu menunggu sakit baru mendaftar sebagai peserta BPJS, karena kartunya baru bisa dipakai 14 hari setelah mendaftar. kita menjadi peserta BPJS kesehatan juga tidak berharap sakit, anggap saja iuran bulananya sebagai sedekah untuk menolong orang lain yang kebetulan sedang sakit. “dengan gotong royong semua tertolong” begitulah semboyan BPJS Kesehatan yang menggambarkan gotong royong masyarakat dalam bidang kesehatan.

One Response

  1. Rosayana manurung 16 Januari 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.