Menanam kangkung sistem hidroponik dengan pipa PVC

Setelah kemarin beli kangkung untuk pakan burung lovebird, saya berpikir untuk menanamnya sebagian agar kedepanya tidak perlu pergi jauh apabila membutuhkan kangkung untuk keperluan memberi makan lovebird. sayur kangkung ini tergolong mudah ditanam dengan cara stek, yaitu kita potong batangnya sebagian lalu tancapkan di tanah basah maka besar kemungkinan ia akan tumbuh akar, lalu beberapa waktu kemudian batangnya akan muncul daun yang baru. saya menanamnya di halaman rumah, namun saya rasa itu masih belum praktis karena lokasinya akan lebih baik jika sedekat mungkin dengan kandang ternak lovebird. setelah melihat ada peralon atau pipa pvc bekas, maka saya berpikir untuk merangkainya sehingga bisa dipakai untuk menanam kangkung sistem hidroponik dengan pipa pvc.

 

Sebelumnya kita jelaskan kembali apa itu menanam sistem hidroponik? yaitu menanam hanya dengan media air tanpa tanah menggunakan wadah yang dapat menampung air seperti pipa pvc, ember, kaleng bekas cat, dan sejenisnya. disini saya memakai pipa pvc untuk menanam kangkung, berikut cara membuatnya.

menanam kangkung sistem hidroponik untuk pakan burung lovebird

menanam kangkung sistem hidroponik untuk pakan burung lovebird

Cara membuat pipa pvc untuk menanam sistem hidroponik

  1. Rencanakan terlebih dahulu bentuk rangkaian pipa pvc yang diharapkan, akan lebih baik jika digambar. prinsipnya yaitu seluruh pipa bisa mendapatkan pasokan air sehingga tanaman bisa tumbuh subur diatasnya.
  2. Selanjutnya kita potong pipa sesuai bentuk yang direncanakan.
  3. Melakukan penyambungan pipa memakai jenis sambungan sesuai bentuknya apakah mau lurus, belok, bercabang, atau yang lainya. penyambunganya hendaknya menggunakan lem khusus pipa pvc agar nantinya tidak terjadi kebocoran, pastikan pipa tertanam kuat pada alat sambung agar tidak lepas atau bocor di kemudian hari.
  4. Berikutnya kita buat lobang tempat tumbuhnya tanaman, melobanginya bisa memakai mesin bor atau mengunakan besi yang sebelumnya dipanasi dengan cara dibakar dengan api, lalu besi panas ditancapkan ke pipa sehingga kita berhasil membuat lobang, jangan lupa pilih besi yang diamaternya sesuai keperluan agar lokasi tanam tidak terlalu sempit atau lebar.
  5. Setelah media tanam selesai dibuat, lalu kita isi dengan air. bisa juga ditambahkan dengan sedikit pupuk entah itu dari bahan alami seperti kompos, atau bahan kimia seperti pupuk urea warna putih maupun merah.
  6. Lalu kita masukan bibit tanaman kedalam lobang, karena disini kita menanam kangkung maka tinggal memasukan stek batangnya sehingga nantinya bisa tumbuh akar.
  7. Sampai disini kita sudah berhasil menanam kangkung dengan sistem hidroponik, selanjutnya tinggal merawatnya dengan baik agar senantiasa tumbuh subur.

 

Dengan menanam kangkung sistem hidroponik tersebut maka kita bisa mendapatkan persediaan sayuran segar yang bisa dipetik sewaktu-waktu diperlukan, selain untuk pakan burung lovebird juga bisa untuk konsumsi manusia sebagai sayuran.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.