Memasang Bendera Merah Putih Pada Bulan Agustus di Indonesia

Setiap warga negara yang menguasai hak penggunaan rumah wajib memasang bendera merah putih pada bulan agustus di indonesia, tepatnya pada tanggal 17 yang merupakan hari kemerdekaan negara republik indonesia. Menghormati bendera bukan berarti kita menyembah pada benda, tapi itu merupakan bentuk semangat merawat, melindungi, menjaga tanah air serta ungkapan cinta kepada negara, mengenang para pahlawan serta pendahulu yang telah berjuang memerdekakan serta membangun indonesia.

 

memasang bendera merah putih

memasang bendera merah putih

Hukum memasang bendera merah putih pada tanggal 17 agustus

Peraturan pemerintah yang berkaitan dengan hal ini bisa kita baca pada Pasal 7 UU No 24 Tahun 2009 tentang BENDERA, BAHASA, DAN LAMBANG NEGARA, SERTA LAGU KEBANGSAAN, ayat 3

(3) Bendera Negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai hak penggunaan rumah, gedung atau kantor, satuan pendidikan, transportasi umum, dan transportasi pribadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

melihat peraturan tersebut maka bisa kita pahami bahwa memasang bendera negara indonesia pada tangga 17 agustus itu wajib bagi setiap warga negara yang menguasai hak atas penggunaan rumah, gedung, kantor, dan tempat lainya di seluruh wilayah indonesia.

Sanksi bagi yang tidak mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 17 agustus

Hati-hati bagi warga negara yang punya kewajiban untuk memasang bendera agar segera melakukanya, bagi warga yang tidak mampu bisa meminta bendera gratis dari pemerintah, jangan menunggu ditegur oleh ketua RT, RW atau kelurahan untuk memasangnya. peraturan sanksinya sebagai berikut.

Pidana Kurungan selama lamanya 3 bulan atau denda sebanyak-banyaknya pasal 37 ayat 1 Peraturan Pemerintah No Tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia. Tindak pidana ini termasuk TIPIRING atau Tindak Pidana Ringan.

 

Memasang bendera pada tanggal 17 agustus juga merupakan bentuk perjuangan kita dalam menjaga tanah air, sebagai bentuk ajakan kepada generasi muda untuk turut menjaga dan mencintai bangsa. Diwajibkan untuk pasang bendera merah putih itu jauh lebih mudah dibanding perjuangan para pahlawan pendahulu yang harus melawan penjajah, lebih ringan dibanding kesengsaraan hidup para luluhur kita yang terpaksa hidup susah dibawah penjajahan. Kini saatnya kita mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, bangunlah badanya, bangunlah jiwanya untuk indonesia raya, Merdeka!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.