Manfaat Menjalankan Sholat Yang Saya Rasakan

Ternyata ada beragam manfaat menjalankan sholat yang saya rasakan selain bisa mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Bagaikan bau surga yang tercium di dunia, ada banyak kenikmatan hidup di dunia yang bisa didapatkan jika rajin menjalankan sholat wajib 5 waktu sehari- hari maupun sunah. ini membuktikan kebenaran salah satu kalimat azan yang berbunyi “hayya ‘alal falah” artinya “marilah menuju keberuntungan dan kemenangan” saya rasa itu sangat betul sekali, karena memang banyak keberuntungan serta kemenangan berupa kebahagiaan hidup di dunia maupun akherat yang bisa didapatkan dengan menjalankan sholat.

 

Manfaat Menjalankan Sholat Yang Saya Rasakan

  1. Menjadi Lebih Disiplin Waktu, dan pandai mengatur waktu. Sholat wajib itu ada jadwalnya, dengan menjalankanya maka kita terlatih melakukan segala sesuatu tepat pada waktunya. itu merupakan latihan disiplin yang sangat efektif.
  2. Terbiasa menjaga kebersihan badan. sebelum sholat kita menjalankan wudhu untuk membersihkan badan dari hadats kecil, dimulai dari berkumur, membasuh muka, membasuh kedua tangan, membasuh kepala, membasuh kedua telinga, membasuh kedua kaki. disitu tubuh kita dibersihkan dengan wudhu minimal 5 kali sehari saat hendak menjalankan sholat wajib.
  3. Menambah dan mempererat tali pertemanan. dengan menjalankan sholat jamaah di masjid, maka disitu terjadi interaksi dengan teman meskipun hanya sekedar melihat wajah, berjabat tangan, atau saling sapa. dengan begitu maka tali pertemanan menjadi semakin kuat.
  4. Waktu produktif menjadi lebih panjang. Saat orang-orang masih terlelap dari tidur nyenyaknya, kita berusaha bangun entah itu untuk menjalankan sholat tahajud di malam hari maupun sholat subuh dipagi hari, dengan begitu kita punya tambahan waktu produktif yang bisa dimanfaatkan saat tidak tidur.
  5. Bertambahnya kepercayaan dari orang sekitar. Hidup bermasyarakat itu membutuhkan saling percaya agar masing-masing merasa aman dari gangguan orang lain. nah orang yang rajin sholat itu seakan punya garansi tidak tertulis bahwa ia adalah orang baik yang bisa dipercaya.

    seorang anak sedang sholat

    seorang anak sedang sholat

  6. Hati menjadi Tenang. Ketenangan hati kita bertambah saat tubuh yang tersiram sejuknya air wudhu, telinga kita yang mendengarkan gemericik air wudhu, mendengarkan merdunya suara azan, keheningan saat sujud, serta yang lainya.
  7. Pandai mengendalikan diri. Kita mengarahkan diri agar menghentikan sementara beragam aktifitas saat terdengar suara adzan panggilan sholat, dengan begitu kita berlatih mengendalikan diri.
  8. Pandai menunda keinginan. Kita ingin menjalankan beragam aktifitas yang menyenangkan, namun keinginan itu ditunda dulu karena sudah waktunya menjalankan sholat, disitu ada latihan menunda menuruti kesenangan.
  9. Terhindar dari berkumpul dengan orang-orang yang banyak bermaksiat. karena waktu kita lebih banyak digunakan untuk bertemu dengan sesama orang yang menjalankan sholat sehingga terhindar dari pergaulan di tempat yang berpotensi menjerumuskan kita untuk melakukan maksiat.
  10. Tubuh menjadi sehat, karena tubuh kita bergerak saat menjalankan sholat.
  11. Menambah Kecerdasan dan munculnya ide-ide kreatif. dengan pikiran yang tenang, tubuh yang sehat serta lingkungan pertemanan yang baik maka banyak ide-ide kreatif yang keluar.
  12. …..

 

itulah sebagian dari manfaat menjalankan sholat yang saya rasakan. ini hanyalah pendapat pribadi yang bisa benar atau salah mengingat keterbatasan saya dalam ilmu, kehusyukan dalam menjalankan sholat, serta kekurangan saya yang lainya. saya yakin masih banyak lagi manfaat yang diperoleh para sahabat dengan menjalankan sholat. meskipun sangat banyak manfaatnya, namun seyogyanya kenikmatan tersebut hanyalah efek samping saja, karena tujuan kita sholat hanyalah semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.