Manfaat Menjalankan Puasa Yang Saya Alami

Ternyata ada banyak manfaat menjalankan puasa yang saya alami, pada intinya yaitu membentuk pribadi yang bertaqwa. beragam manfaat ini hanyalah sebagai bonus semata, karena niat kita berpuasa hendaknya hanyalah semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. jikalau dalam perjalananya ada keistimewaan atau kelebihan yang kita rasakan maka anggap saja itu sebagai efek samping saja. setidaknya hal-hal berikut yang saya alami jika rajin menjalankan puasa entah itu ramadhan, senin kamis, tanggal 13 14 15 setiap bulan hijriyah, puasa daud, atau beragam jenis puasa sunah lainya. semakin banyak berpuasa dan semakin berkualitas dalam berpuasa maka manfaatnya bisa semakin terasa. berikut diantaranya.

manfaat puasa

manfaat puasa

Bisa bangun lebih pagi

Bangun pagi merupakan hal sulit bagi sebagian orang, tapi merupakan kebiasaan bagi yang biasa bangun sebelum subuh untuk makan sahur. dengan bangun pagi maka kita bisa melakukan beragam aktifitas bermanfaat selagi orang masih tidur nyenyak, disitu kita punya tambahan waktu yang bisa dimanfaatkan, dengan bangun pagi maka kita tidak terlambat pergi ketempat kerja atau usaha sehingga karir atau omzet bisa meningkat pesat.

Pandai mengendalikan diri

Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan agar puasa tidak batal seperti makan minum saat siang hari serta melakukan bermacam hal yang bisa membatalkan puasa. selama berpuasa kita terus mengendalikan diri agar tidak melakukan hal-hal tersebut, hal ini merupakan tempaan sempurna agar bisa mahir dalam mengendalikan diri. pengendalian diri merupakan modal besar dalam meraih kebahagiaan hidup, contohnya meskipun kita berpenghasilan sebesar apapun jika tidak bisa mengendalikan diri maka akan tetap susah, comtohnya dengan menghabiskan penghasilan tersebut kedalam hal-hal yang tidak berguna maka bisa dipastikan kesusahan hiduplah yang akan dirasa.

Pandai Menunda keinginan

Saat melihat makanan lezat disiang hari dan segera ingin menyantapnya, namun kita meninggalkan keinginan tersebut untuk sementara karena masih dalam keadaan berpuasa, keinginan tersebut terpaksa ditunda karena belum saatnya berbuka puasa. nah.. dengan terbiasa pada kondisi tersebut maka kita terlatih menjadi pribadi yang pandai menunda keinginan, ini merupakan modal besar dalam menggapai kehidupan yang lebih baik karena kita tahu bahwa yang namanya keinginan itu tidak seluruhnya baik jika diperturutkan.

Lebih menyayangi tubuh

Bermacam makanan lezat ingin disantap, namun tidak semua yang lezat itu sehat untuk tubuh. bisa jadi mulut merasa enak, tapi lambung bersusah payah mencernanya. bisa jadi makanan itu enak dan sehat untuk disantap namun kantong tidak mendukungnya. nah.. dengan puasa maka kita terbiasa memilah mana yang baik dan buruk untuk tubuh, dengan kata lain kita lebih menyayangi tubuh.

Bisa menjalani kesusahan / musibah dengan ketenangan

Ketika kita sudah terbiasa lapar maka mengalami kelaparan itu sudah menjadi hal yang biasa, kita tahu bahwa yang namanya lapar itu erat kaitanya dengan kesusahan atau kekurangan. jadi saat mengalami susah atau kurang maka kita sudah terlatih untuk menjalaninya dengan biasa saja, dengan begini maka hidup lebih banyak dalam ketenangan.

Puasa sebagai perisai diri

Saat kita berkinginan untuk berbuat tidak baik, maka diri kita berkata jangan lakukan itu karena bisa membatalkan puasa. ini berarti kita punya perisai untuk menjaga diri agar senantiasa hidup dalam kebaikan.

Lebih peka terhadap kesusahan orang lain

Terbiasa lapar menjadikan kita mudah merasakan kelaparan atau kesusahan orang lain, disitu sikap tenggang rasa menjadi tumbuh, kepedulian bertambah. dan hal-hal tersebut merupakan modal untuk menjalin hubungan baik dengan sesama manusia sehingga hidup menjadi lebih berwarna.

Mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain

Dengan berpuasa maka kita tertempa menjadi orang baik, dan yang namanya kepercayaan itu seringkali hanya diberikan kepada orang-orang yang baik. dengan kepercayaan maka kita bisa mendapatkan berbagai hal, kita juga bisa melakukan berbagai hal yang berguna.

Beberapa manfaat tersebut hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi, jadi saya tidak menjamin benar atau tidaknya. saya tuliskan ini sifatnya hanya sebagai sharing dan penyemangat dalam berpuasa saja.

 

Yang paling istemewa yaitu di akherat kelak orang-orang yang berpuasa disediakan pintu khusus untuk masuk surga, pintu tersebut dinamakan Ar Rayan yang akan segera ditutup setelah orang-orang yang berpuasa memasukinya. Dan yang pasti masih terdapat banyak lagi manfaat menjalankan puasa, masing-masing pribadi pasti berbeda karena kualitas puasanya juga beragam. apa lagi ya manfaat puasa yang lainya?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.