Manfaat Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Ada beragam manfaat menjadi peserta BPJS kesehatan yang bisa kita dapatkan, dari mulai mendapat biaya pengobatan gratis apabila sewaktu-waktu sakit dan memerlukan akses layanan kesehatan ke puskesmas, dokter keluarga, klinik aau rumah sakit. Itu jika sakit, bagaimana kalau kita tidak sakit dan tidak pernah menggunakan kartu BPJS kesehatan tersebut tapi tetap rutin membayar premi bulanan secara mandiri? Alhamdulillah, semoga selalu dalam kesehatan. Kita niatkan saja pembayaran premi itu untuk sedekah membantu biaya pengobatan orang lain yang membutuhkan, jadi kita mendapat pahala sedekah dan menolong orang lain. Karena banyak juga warga Negara Indonesia kurang beruntung secara ekonomi yang diberikan keanggotaan PBI (penerima bantuan iuran) BPJS kesehatan secara gratis oleh pemerintah dengan biaya subsidi atau diambilkan dari iuran anggota lain yang membayar.

 

peserta BPJS Kesehatan

peserta BPJS Kesehatan

Mendapat Biaya Pengobatan Gratis

Musibah sakit merupakan hal yang seringkali datangnya tidak terduga sebelumnya, untuk beberapa jenis penyakit tertentu memerlukan biaya berobat yang tidak sedikit, dan parahnya biaya tersebut harus tersedia secepatnya agar sakitnya bisa segera ditangani sehingga diharapkan bisa meraih kesembuhan total secara cepat dan tepat. Masalahnya adalah belum tentu kita punya dana sebesar itu, sebagai manusia kita berencana namun terkadang kondisi ekonomi sedang tidak memihak. Untuk itu kita akan sangat terbantu apabila sebelumnya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan sehingga bisa mendapat biaya pengobatan secara gratis di rumah sakit terbaik. Kita hanya perlu membayar iuran bulanan sebelumnya saat kita masih sehat. Dan bagi yang kesulitan ekonomi untuk membayar iuran bulanan maka bisa mengajukan untuk menjadi peserta BPJS kesehatan gratis PBI (Penerima bantuan Iuran). program dari pemerintah.

Mendapat Pahala sedekah dan menolong orang lain

Bagaimana kalau rajin membayar iuran bulanan BPJS kesehatan tapi tidak pernah menggunakanya untuk berobat karena kita sekeluarga tidak pernah sakit? Jika kita berhitung materi memang kesanya buang-buang uang, tapi apabila kita berhitung dari segi akherat maka iuran bulanan tersebut bisa jadi tabungan abadi yang kelak akan kita ambil dengan nikmat berjuta kali lipat. Kita anggap pembayaran iuran bulanan BPJS ksesehatan tersebut sebagai sedekah untuk menolong biaya pengobatan orang lain yang sedang sakit.

 

Sungguh besar manfaat menjadi peserta auransi BPJS kesehatan yang merupakan program sosial dari pemerintan Indonesia ini. Didalamnya ada unsur sedekah, gotong royong, serta tolong menolong dalam dunia kesehatan. Melihat hal itu maka menjadi anggota BPJS Kesehatan merupakan langkah bijak dalam meraih kebahagiaan di dunia dengan jiwa raga yang sehat, serta kebahagaiaan di akherat dengan memanen pahala sedekah. tapi tetap berdoa dan berusaha agar kedepanya sehat terus sehingga kartunya tidak pernah digunakan 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.