Kiat agar meraih haji mabrur

Menjalankan ibadah haji dengan mabrur merupakan cita-cita sebagian besar orang. Namun tidak semua orang punya kesempatan serta kemampuan untuk menjalankan rukun islam kelima ini.

Ada yang terkendala oleh keuangan, kesehatan, waktu, usia, atau hal-hal lainya yang tidak memungkinkan untuk dating ke baitullah di mekah.

Oleh karena itu bagi bisa menjalankan haji sebaiknya menggunakan kesempatan itu sebaik-baiknya agar bisa meraih predikat mabrur.

Berikut ini ada beberapa kita agar bisa meraih haji mabrur semoga bisa menjadi referensi bagi para sahabat sekalian.

 

Niat yang tulus ikhlas karena Allah

Sudah seharusnya kita berangkat haji dengan niat ibadah karena Allah dengan membawa bekal ketaqwaan. Bersihkan hati dan pikiran dari niat berhaji untuk kesenangan duniawi seperti agar terlihat sebagai orang alim, agar mendapat gelar haji atau hajah dimata masyarakat, agar mendapat lebih banyak suara saat menjadi peserta pemilu, ataupun niat dunia lainya yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

Biaya haji halal

Harta yang digunakan untuk berhaji harus dari sumber yang halal. Harta itu bisa dari hasil pekerjaan, usaha, hadiah, atau lainya yang halal.

Melaksanakan haji sesuai dengan tuntutan syariat

Perlu memperhatikan serta melaksanakan haji dengan rukun, wajib, dan sunnah sesuai dengan ketentuan serta tuntunan syariat islam.

Menjaga ucapan dan tindakan saat melaksakan ibadah haji

Tidak melakukan rafas, fasiq, dan jidal. Yang dimaksud rafas yaitu perkataan yang sifatnya saru. Fasiq yaitu perbuatan yang tergolong sebagai dosa atau maksiat. Sedangkan jidak yaitu pertengkaran dan berbantah-bantahan.

Meningkatkan ibadah dan kepedulian social setelah berangkat haji

Setelah pulang dari menjalankan haji hendaknya ada perubahan kearah yang lebih baik dalam melaksankan ibadah seperti rajin sholat, puasa, zakat, shodakoh dan lainya. Juga lebih baik dalam bertutur kata, berperilaku yang menebarkan kedamaian serta kesejahteraan, Juga lebih senang membantu atau memberi untuk kepentingan umat.

 

Pada intinya untuk meraih haji mabrur yaitu dengan cara meluruskan niat semata-mata karena ibadah kepada Allah dengan membawa sebaik-baik bekal yaitu ketaqwaan.

Berangkat haji dengan harta yang halal, melaksanakan rukun, wajib serta sunnah haji sesuai dengan syariat islam.
menjaga ucapan serta perbuatan saat berangkat haji agar jangan sampai melakukan dosa.

Dan yang terakhir yaitu ada perubahan kearah lebih baik setelah melaksanakan ibadah haji baik itu dalam hablumminallah maupun hablumminannas. Bagi yang menjalankan ibadah haji kita doakan agar bisa mabrur semuanya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.