Ketika hidup kita tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan

Ketika hidup kita tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan, maka tetap bersabar dan bersyukurlah dengan apa yang telah terjadi. Kita harus yakin bahwa hidup kita berjalan seperti yang Allah rencanakan. Percayalah bahwa rencana Allah itu lebih baik dari apa yang kita harapkan, oleh karena itu tetaplah bersabar, berdoa, berusaha, dan tawakal kepada Allah SWT ketika kita menghadapi masalah hidup yang terasa berat, karena ujian akan menjadikan derajat kita setingkat lebih tinggi jika kita bisa menjalaninya dengan sukses. Dengan ikhlas menjalani kesusahan juga bisa merontokan dosa-dosa kita, sehingga kelak di akherat, timbangan keburukan kita menjadi lebih ringan atau bahkan hilang sama sekali.

 

Ketika berdoa kepada Allah untuk memohon keindahan namun yang terjadi ternyata sesuatu yang buruk menurut pandangan kita, yakinlah bahwa itulah yang terbaik untuk kita pada waktu tersebut, karena Allah tidak selalu memberi apa yang kita inginkan, tapi selalu memberikan apa yang kita butuhkan. Gambaranya begini, ada seorang anak pergi ke taman untuk menangkap seekor kupu-kupu yang warnanya indah, dari rumah ia berdoa sekaligus menyiapkan berbagai alat sebagai usaha agar nanti berhasil menangkap kupu-kupu dengan mudah. Namun apalah daya, bukanya sebuah kupu-kupu yang didapat, namun hanyalah terlihat puluhan atau bahkan ratusan ulat berbulu yang gatal apabila terkena kulit. Ya sudahlah, daripada pulang dengan tangan ksosong, lebih baik membawa pulang ulat-ulat itu ke rumah.

ulat kepompong kupu kupu

ulat kepompong kupu kupu

Oleh sang anak ditaruhlah ratusan ulat bulu tersebut kedalam sangkar besar di rumah yang didalamnya terdapat berbagai macam bunga. Taman tersebut memang disiapkan oleh sang ayah sebagai tempat untuk memelihara kupu-kupu oleh si anak. Dengan rasa kesal karena tidak berhasil membawa pulang kupu-kupu, ia masukan kedalam taman tersebut ratusan ulat yang menurutnya menjijikan, seminggu kemudian ia kaget sekaligus bertambah kesal karena banyak bunga yang daunya hampir habis dimakan ulat, sebenarnya ia sangat jengkel, tapi tetap bersabar, biarlah daunya habis dimakan ulat asal pohonya tidak mati nanti juga bisa tumbuh lagi, begitu pikirnya. sebulan kemudian ia tak lagi melihat ulat didalam sangkar, tapi terlihat ada banyak benda asing bergelantungan di dalam sangkar taman, setelah ia teliti ternyata itu kepompong. Beberapa waktu kemudian ternyata ratusan kepompong itu berubah menjadi kupu-kupu yang indah, alhasil sekarang taman bunga sudah dipenuhi dengan kupu-kupu warna warni yang mengagumkan, maka berbahagialah hati sang anak karena apa yang dulu ia harapkan akhirnya bisa kesampaian.

 

Dari kisah sang anak tersebut, bisa kita ambil sebuah pelajaran bahwa terkadang apa yang diberikan oleh Allah itu bisa jadi terlihat buruk dalam pandangan kita pada saat menerimanya, namun bisa jadi dikemudian hari hal tersebut justru akan berubah menjadi keindahan yang justru nilainya jauh lebih besar dari keindahan awal yang kita harapkan. Selamat beraktifitas, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan mensyukuri nikmat-nikmatNya. Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.