kelebihan kualitas peringkat seo domain id

Kali ini kita akan mengungkap kelebihan kualitas peringkat SEO domain .id dibanding domain .com .net .org serta .info yang sebelumnya banyak digunakan dalam dunia internet, Pengertian SEO merupakan kependekan Search engine optimation yang dalam bahasa indonesia berarti pengoptimalan peringkat posisi pada mesin pencari seperti Google,Bing,Yahoo dll, intinya yaitu bagaimana caranya agar bisa berada pada posisi halaman pertama sekaligus baris pertama sehingga ketika ada yang melakukan pencarian maka besar kemungkinan mengklik url website kita untuk berkunjung, jadi semakin bagus peringkat SEO blog kita maka akan semakin ramai. Sedangkan Domain .id adalah ekstensi nama website khusus negara indonesia yang secara resmi di buka pendaftaranya ke masyarakat umum mulai tgl. 17 Agustus 2014, ini menjadi ekstensi domain Negara Indonesia tersingkat Setelah sebelumnya hanya tersedia .web.id .co.id .mil.id .my.id .sch.id. Dari segi harga Domain .id lebih mahal yaitu dipasarkan dengan harga sewa Rp.500.000,- per tahun sedangkan Domain .com seharga Rp.100.000,- per tahun.

 

Kelebihan menggunakan domain .id

  1. termasuk nama domain baru sehingga masih banyak pilihan kata yang masih available alias bisa dipakai.
  2. Pendaftaranya menggunakan persyaratan KTP sehingga tingkat kepercayaanya lebih tinggi, namun sejak bulan agustus 2017 nama domain ini sudah dibebaskan syarat tersebut sehingga bisa langsung dibeli dan bayar seperti yang lainya.
  3. cocok untuk website atau blog dengan target pengguna nusantara.
  4. Ikut berpartisipasi dalam membesarkan ekstensi domain khusus negara indonesia.
domain id

domain id

Namun pada intinya perbandingan SEO domain .com dengan .id sama saja untuk area Indonesia, yang membedakan hanyalah seberapa bagus kualitas website kita, karena blog paling berkualitas sekaligus  bermanfaatlah yang akan direferensikan mesin pencari untuk tampil menjadi sang juara. Namun untuk level internasional sebaiknya menggunakan nama domain .com karena bersifat lebih luas, namun Google punya perangkat webmaster yang bisa kita gunakan untuk memberi tahu bahwa pasar pengguna website kita dikhususkan untuk negara tertentu.

 

Menggunakan Domain .id akan bagus peringkat SEO nya jika

  1. Ada manfaat yang bisa diperoleh pengguna ketika mengakses halaman website.
  2. Merupakan Konten orisinal yang belum pernah diterbitkan di dunia maya internet.
  3. Mengandung kata kunci yang memudahkan mesin pencari dalam mengidentifikasi isi halaman website.
  4. Pengunjung berlama-lama ketika membuka halaman blog.
  5. Banyak halaman yang dibuka dalam satu kali kunjungan.
  6. Banyak link dari website lain terpercaya yang mereferensikan bahwa blog kita berkualitas.

 

Jadi mau menggunakan nama domain .id atau domain .com tidak ada bedanya, peringkat SEO nya juga seimbang, yang membedakan hanyalah seberapa besar manfaat yang bisa dberikan kepada pengunjung website, jika website kita bermanfaat maka secara otomatis mesin pencari akan memberikan penghargaan  pada halaman website kita untuk berada diperingkat satu, halaman pertama, sekaligus baris pertama, demikian penjelasan mengenai kelebihan kualitas peringkat seo domain id.

3 Comments

  1. jual boiler miura 12 September 2018
  2. yosefpedia 10 November 2018
  3. ketut sudiasa 4 April 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.