Jika ingin hidup tenang dan bahagia maka jadilah orang beriman dan bertaqwa

Banyak orang beranggapan bahwa akan bisa hidup bahagia setelah menjadi orang kaya, menduduki jabatan tinggi, terkenal atau berhasil meraih kenikmatan hidup lainya.

Namun pada kenyataanya seringkali kita justru melihat deretan orang kaya yang justru hidupnya sengsara, wajahnya pucat tanpa memancarkan cahaya ketenangan.

Dan berapa banyak pejabat tinggi yang justru hidup tidak terhormat dimata masyarakat karena ada yang tidak pas dengan perilakunya.

jika ingin hidup tenang tidak khawatir dan bahagia maka jadilah orang yang beriman dan bertaqwa

jika ingin hidup tenang tidak khawatir dan bahagia maka jadilah orang yang beriman dan bertaqwa

 

Disisi lain kita juga sering menyaksikan bahwa sebagian orang dengan kehidupan miskin justru hidupnya terlihat bahagia.

Dan ada juga rakyat jelata yang justru dihormati dengan luar biasa tingginya mengalahkan para bangsawan yang tidak begitu dipedulikan.

Dari situ bisa kita lihat bahwa hidup tenang dan bahagia itu tidak bisa diukur dengan kekayaan, jabatan, atau kemewahanya.

ini bukan berarti kita sebaiknya hidup miskin saja tanpa berusaha kaya, karena justru kita wajib berjuang menjadi manusia yang kuat dalam segala bidang termasuk dalam hal ekonomi, kedudukan, kesehatan dan lain sebagainya.

 

Jadi bukan masalah miskin atau kaya yang bisa membuat hidup kita bahagia, masalahnya yaitu apakah kita bisa bersabar saat dalam kondisi susah serta bisa bersyukur saat kondisi lapang sehingga bisa tetap tenang dalam menjalani kondisi apapun.

karena masa susah dan senang itu seringkali datangnya bergantian bagaikan siang dan malam.

Jadi kebahagiaan dan ketenangan hidup itu lebih dipengaruhi oleh kebersihan hati, kejernihan pikir, kebaikan perilaku dan sejenisnya.

Dan semua itu kebaikan perilaku, pikiran serta hati itu merupakan bagian dari ciri-ciri orang yang beriman dan bertaqwa. jadi bisa kita tarik kesimpulan bahwa kunci hidup tenang dan bahagia yaitu iman dan taqwa.

 

Adapun orang yang beriman dan bertaqwa merupakan ciri-ciri dari wali allah, hal ini bisa kita lihat dalam ayat alquran berikut ini.

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (62) الَّذِينَ آَمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ (63)

Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (QS. Yunus: 62-63).

 

itulah sebenar-benarnya ketenangan serta kebahagiaan hidup, bukan kesenangan semu akan banyaknya harta benda namun segera hilang karena masih ingin lebih banyak lagi, bukan kehormatan semu akan tingginya jabatan namun berubah jadi hinaan karena tidak bisa berperilaku dalam kebaikan.

Semoga kita semua tergolong sebagai orang yag beriman dan bertaqwa sehingga bisa hidup tenang dan bahagia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.